Alexa
Suara.Com

Aidil Zulkifli, Sang Pendiri UangTeman.com

Adhitya Himawan
Founder dan CEO UangTeman.com, Aidil Zulkifli di Jakarta, Senin (19/12/2016). [Suara.com/Adhitya Himawan]
Founder dan CEO UangTeman.com, Aidil Zulkifli di Jakarta, Senin (19/12/2016). [Suara.com/Adhitya Himawan]

UangTeman adalah perusahaan digital pertama di Indonesia yang menyediakan pinjaman jangka pendek.

Suara.com - Perkembangan industri jasa keuangan berbasis teknologi (fintech) sangat pesat di Indonesia dalam dua tahun terakhir ini. Terlebih di Indonesia terdapat kebutuhan dari masyarakat akan dana tunai untuk menutupi keperluan yang mendesak termasuk membayar biaya tambahan anak sekolah ataupun kebutuhan kesehatan seperti biaya dokter dan obat-obatan.

Salah satu fintech yang sangat ini mengalami perkembangan bisnis yang pesat adalah UangTeman.com. Adalah Aidil Zulkifli, eksekutif bidang keuangan yang memiliki pengalaman kuat di bidang keuangan, teknologi dan hokum yang menjadi pendiri dari UangTeman.com.

“Kami menemukan fakta bahwa kebutuhan masyarakat akan dana tunai dengan jumlah kecil masih belum dapat dipenuhi oleh lembaga pinjaman yang ada, termasuk perbankan. Jadi bisa dibilang kami menyasar segmen masyarakat yang selama ini belum dimasuki industri perbankan yang ada di Indonesia,” kata Aidil saat diwawancarai Suara.com, di Jakarta, Senin (19/12/2016).

Menurut KPMG Microfinance Study 2014, segmen pasar pinjaman mikro di Indonesia masih sangat besar. Laporan tersebut menjelaskan bahwa ada 105 juta masyarakat Indonesia dengan penghasilan sekitar Rp60 ribu per hari yang masih memerlukan akses terhadap pinjaman mikro. Segmen pinjaman pasar yang potensinya besar tersebut ternyata belum digarap oleh perbankan dan lembaga keuangan lainnya. Menurut data Bank Indonesia (2014), porsi pinjaman mikro baru mencapai 4 persen dari total pinjaman.

UangTeman adalah bagian dari PT Digital Alpha Indonesia dan Digital Alpha Grup Pte Ltd, salah satu perusahaan digital keuangan di wilayah Asia Tenggara yang menyediakan pinjaman jangka pendek baik untuk keperluan konsumsi atau bisnis. “Kami hanya menyediakan pinjaman untuk masyarakat Indonesia dan untuk saat ini melayani daerah Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Magelang dan Klaten. UangTeman bertujuan untuk menyediakan pembiayaan online, dimana saja dan kapan saja sebagai alternatif dari model peminjaman konvensional bank atau perusahaan pembiayaan lainnya. Layanan kami sangatlah sederhana, transparan dan fleksibel,” ujar Aidil.

Sebelum mendirikan UangTeman.com pada tahun 2014, Aidil semula sempat menjadi pendiri dan CEO dari perusahaan startup fintech, LoanGarage.com atau KreditAja.com. Startup ini merupakan sebuah platform online perbandingan produk keuangan, yang kemudian diakusisi oleh Moneysmart.sg pada tahun 2014.

Aidil berkeyakinan bahwa penggunaan data adalah suatu bentuk inovasi dalam menyajikan pelayanan jasa dibidang perbankan dan finansial di emerging market di Asia Tenggara, terutama Indonesia. Ia percaya bahwa model penyediaan jasa perbankan dan finansial nantinya akan dapat dipisahkan, agar konsumen kelas menengah kebawah dapat menikmati lebih banyak pelayanan keuangan yang lebih efektif dari segi biaya, efisien dan transparan.

Sebelum terjun di bisnis jasa keuangan, Aidil sempat menjadi seorang pengacara yang memiliki kualifikasi sebagai praktisi hukum di Singapura. Aidil memulai karir hukumnya di Singapura sebagai pengacara dengan spesialisasi di litigasi komersial.

Pada tahun 2012, Aidil akhirnya memilih untuk meninggalkan karir di bidang hukum dan fokus untuk menciptakan produk yang dapat digunakan oleh jutaan orang di emerging market di Asia Tenggara.

Aidil memperoleh gelar sarjana hukum dengan gelar kehormatan dari National University of Singapore (NUS) pada tahun 2010. Saat kuliah di NUS, Aidil telah mnejadi wakil pemimpin redaksi Singapore Law Review, dan sekaligus mewakili NUS dalam kompetisi pengadilan semu (moot court) di luar negeri.

Di UangTeman, selain sebagai Co Founder, Aidil menempati posisi Chief Execitive Officer (CEO). Dengan posisinya ini, Aidil  bertanggungjawab dalam inovasi produk dan pemasaran.

Selain di UangTeman.com,  Aidil juga merupakan Presiden Direktur (Presdir) PT Digital Alpha Indonesia, yaitu perusahaan yang mengoperasikan UangTeman.com.

UangTeman adalah perusahaan digital pertama di Indonesia yang menyediakan pinjaman jangka pendek, baik untuk keperluan konsumsi atau bisnis secara online.

Di Indonesia, Uang Teman,com mulai beroprasi pada bulan April tahun 2015. Bisnis utamanya adalah menyediakan layanan yang cepat dan terpercaya yang dapat diakses melalui web ataupun aplikasi seluler.

Dalam menilai ajuan aplikasi peminjaman, Uang Teman menggunakan teknologi penilaian resiko yang otomatis dan real-time, yang akan memberikan keputusan yang obyektif.

UangTeman merupakan perusahaan pertama di Asia Tenggara yang memberlakukan sistem pinjaman secara otomatis, dengan transparansi perhitungan biaya yang dijamin.

Dalam memberikan pinjaman, UangTeman tidak membebankan biaya tambahan apapun, seperti biaya admin, provisi, maupun biaya tahunan seperti yang terjadi pada pinjaman tanpa agunan lainnya.

Aidil menyadari, pilihan model bisnis yang ia kembangkan bukannya tanpa resiko. Dengan menjanjikan kemudahan pencairan pinjaman tanpa tatap muka, resiko kredit macet yang dihadapi UangTeman.com sangatlah besar. “Tetapi ini adalah resiko yang harus berani kami hadapi. Kami sendiri mempekerjakan tim khusus untuk melakukan analisis profil risiko terhadap setiap pengajuan pinjaman secara online dari calon nasabah kami. Sampai saat ini, tingkat kredit macet kami masih sangat rendah,” pungkas Aidil.


loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Dengan kerendahan hati, kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon maaf lahir dan batin 😊🙏
.
.
.
.
#lebaran #idulfitri #muslim #muslimquotes #minalaidin #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS