Alexa

Menang Tipis atas PS TNI, Arema Kokoh di Puncak Klasemen

Rizki Nurmansyah
Striker Arema Cronus, Cristian Gonzales [Antara/Ari Bowo Sucipto]
Striker Arema Cronus, Cristian Gonzales [Antara/Ari Bowo Sucipto]

Unggul empat poin dari Madura United.

Suara.com - Arema Cronus Indonesia Malang tetap kokoh di puncak klasemen Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 setelah menghempaskan tamunya PS TNI dengan skor 2-1 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Malang, Jumat (25/11) malam.

Dua gol Arema yang bersarang ke gawang PS TNI masing-masing dipersembahkan Cristian Gonzales pada menit ke-12 melalui titik penalti dan Hamka Hamzah pada menit ke-89. Sementara satu-satunya gol balasan PS TNI dilesakkan Aldino Herdianto pada menit ke-30.

Sejak kick off babak pertama, Arema mencoba mendominasi pertandingan. Di menit keempat, Dendi Santoso sudah mengancam gawang PS TNI lewat sundulannya. Namun, sayang penempatan bola yang memanfaatkan umpan dari Ahmad Alfarizi itu melewati mistar gawang.

Arema mendapat peluang kembali ketika pemain bertahan PS TNI membuat kesalahan saat menghalau bola. Bola liar justru mengarah pada Gonzales dan Raphael Maitimo yang ada di area penalti. Sayang ada salah komunikasi antara dua pemain ini membuat bola tidak bisa dieksekusi sempurna dan gagal membuahkan gol.

Ancaman serangan Singo Edan kembali muncul di menit 10 ketika Arif Suyono melepas tendangan jarak jauh yang melebar ke kiri gawang PS TNI.

Barulah dua menit kemudian, tim asuhan Milomir Seslija ini bisa membuka kebuntuan berkat gol penalti yang dicetak Gonzales. Hadiah ini diberikan wasit setelah bek PS TNI, Wiganda Pradika, melakukan handsball di area terlarang.

Di menit ke-22, Esteban Gabriel Vizcarra memperoleh peluang ketika mendapat umpan Alfarizi yang menerobos ke kotak penalti. Namun, gagal menambah pundi-pundi gol Arema karena bola dengan mudah diamankan Dika Bayangkara.

Pada menit ke-30, tim tamu menyamakan kedudukan lewat sontekan Aldino memanfaatkan set piece Wawan Febrianto yang gagal diantisipasi pemain belakang dan kiper Arema.

Skor imbang 1-1 membuat para pemain PS TNI semakin gencar melakukan serangan, bahkan Erwin Ramdani berhasil lolos menerobos lini pertahanan Arema. Tapi, sepakan kerasnya dari dalam area penalti mampu diblok Syaiful Indra Cahya. Skor 1-1 tetap bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki 45 menit babak kedua, Arema langsung menggebrak lini pertahanan PS TNI. Serangan demi serangan yang dilancarkan Arema selalu kandas sebelum memasuki area pertahanan PS TNI.

Peluang emas yang berbuah gol baru tercipta pada menit ke-89 melalui sundulan kepada Hamka Hamzah yang gagal diamankan Dhika Bhayangkara. Hingga 45 menit babak kedua berakhir, skor tetap 2-1.

Raihan tiga poin ini membuat Arema kokoh di puncak klasemen sementara dengan 58 poin atau terpaut empat poin dari Madura United yang menguntit di bawahnya. (Antara)

Topik Pilihan