Alexa

Taklukkan Perseden Denpasar, Timnas U-19 Petik Kemenangan Perdana

Syaiful Rachman
Uji coba Timnas Indonesia U-19 vs Celebest FC (tim dari Liga 2). [Twitter@pssi_fai]
Uji coba Timnas Indonesia U-19 vs Celebest FC (tim dari Liga 2). [Twitter@pssi_fai]

Di laga uji coba sebelumnya hanya mampu bermain imbang.

Suara.com - Tim nasional U-19 mengalahkan tim Liga 3 Perseden Denpasar 2-0 dalam laga uji coba kedua di Denpasar, Bali, Jumat (19/5/2017).

Ini adalah kemenangan pertama timnas U-19 dalam uji coba di Bali setelah pada pertandingan perdana versus Celebest FC, Rabu (16/5), berakhir dengan skor 1-1.

Dikutip dari media resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Jakarta, Jumat, dalam laga yang digelar di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Garuda muda tampil mendominasi dan mencetak gol melalui Witan Sulaiman di menit ke-21 dan Feby Eka Putra di menit ke-79.


Namun, meski menguasai jalannya laga, pelatih timnas U-19 Indra Sjafri masih menyayangkan lemahnya penyelesaian akhir anak-anak asuhnya.

"Penyelesaian peluang masih bermasalah. Organisasi pertahanan juga masih perlu diperbaiki," ujar Indra.

Pria asal Sumatera Barat itu pun menyoroti cara pemainnya membangun serangan. Dia mengkritisi keputusan pemain untuk mengoper bola langsung jauh ke depan.

"Itu tidak boleh dan itu sudah komitmen kami. Serangan harus dibangun dari bawah dan memang itu pasti ada risikonya, kalau terlambat antisipasi bola bisa dicuri lawan. Namun semua taktik selalu berisiko," kata pelatih yang membawa Indonesia menjuarai Piala AFF U-19 tahun 2013 tersebut.

Indra melanjutkan, berikutnya dia ingin mencari lawan uji coba yang bisa menekan timnas dan menguasai pertandingan, sesuatu yang tidak ditemukannya dalam dua kali uji coba di Bali Sebab, menurut dia, karakteristik lawan seperti itu penting karena Indonesia akan menghadapi Brazil di Turnamen Toulon 2017 di Prancis.

"Brazil pasti tampil dominan dan kami harus bisa menemukan cara mengantisipasi lawan seperti itu," tutur dia.

Adapun di Turnamen Toulon 2017 di Prancis, Indonesia bergabung di Grup C dan akan memulai petualangannya di kompetisi tersebut pada Rabu (31/5) melawan Brazil, kemudian dilanjutkan dengan laga kontra Republik Ceko, Sabtu (3/6) dan terakhir Skotlandia, Selasa, (6/6).

Usai Toulon, Garuda muda selanjutnya berkiprah di Piala AFF U-18 pada 4-17 September 2017 di Yangon, Myanmar. Di sana, Indonesia bergabung di Grup B bersama tuan rumah Myanmar, Brunei Darussalam, Filipina dan Selandia Baru.

Setelah itu, timnas berkompetisi di kualifikasi Piala Asia U-19 2018 pada 31 Oktober-8 November 2017. Pada kejuaraan ini, Indonesia masuk di Grup F, dan nantinya berhadapan dengan Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Indonesia sendiri adalah salah satu kandidat kuat tuan rumah Piala Asia U-19. Jika terpilih jadi penyelenggara, timnas tak perlu ikut kualifikasi dan langsung lolos ke putaran final Piala Asia U-19. (Antara)


loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Banjarmasin dilanda kerusuhan massal, menyusul kampanye Golkar pada hari terakhir putaran kampanye PPP menjelang pemilu 1997, ratusan orang tewas #TodayInHistory
.
.
.
.
#history #sejarah #banjarmasin #kalimantanselatan #jumatkelabu #mayday #election #pemilihanumum #pemilu #kerusuhan #indonesia #ppp #partaigolkar #likesforlikes #suaradotcom