Alexa

Ibu Hamil Makan Durian Bisa Sebabkan Keguguran?

Ririn Indriani
Ilustrasi buah durian. (shutterstock)
Ilustrasi buah durian. (shutterstock)

Durian dan beberapa makanan tertentu mengandung alkohol.

Tanya:

Selamat sore Dokter,
Salam kenal. Dok, apakah benar minum es dapat menyebabkan berat janin bertambah dan kalau makan tape atau durian dapat mengakibatkan terjadinya keguguran, benarkah? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

AW

Jawab:

Selamat sore Saudari AW,
Saat Anda minum es batu atau air dingin maka tidak akan berpengaruh pada berat badan janin, karena bahan dasarnya adalah air. Cairan dan darah dalam tubuh difiltrasi oleh ginjal dan akan dikeluarkan dalam bentuk urin.

Selain itu cairan juga dikeluarkan melalui keringat. Air dingin atau es batu tidak memiliki kalori sehingga tidak berpengaruh terhadap berat badan. Akan tetapi biasanya saat minum es batu akan ditambahkan dengan sirup yang bahan dasarnya gula tentunya tinggi kalori.

Apabila dikonsumsi dalam jumlah sedikit maka tidak apa-apa, tetapi bila berlebihan bisa meningkatkan kadar gula darah secara signifikan sehingga bayi terbiasa dalam keadaan hiperglikemia sehingga berat badan janin jadi besar.

Sementara tape adalah hasil fermentasi karbohidrat dan mengandung alkohol, semakin lama difermentasi maka kadar alkoholnya meningkat. Durian juga mengandung alkohol kadarnya tentunya berbeda tergantung jenis duriannya dan tingkat kematangannya.

Kandungan alkohol inilah yang membuat ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan tersebut, karena dikhawatirkan berefek pada janin terutama pada fetal alcohol spectrum disorder yang bisa menginduksi keguguran. Selain itu, alkohol juga bisa berefek pada organ janin khususnya pada liver.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih

Dijawab oleh: dr. Ni Putu Tesi Maratni
Sumber: http://meetdoctor.com/Suara.com - >

Topik Pilihan