Alexa

Yuk, Kenali Warna Darah Haid dan Artinya

Yazir Farouk | Firsta Nodia
Ilustrasi perempuan sedang menstruasi (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan sedang menstruasi (Shutterstock)

Tekanan darah, denyut nadi dan suhu tubuh bisa diketahui dari warna darah haid.

Suara.com - Kondisi selama periode menstruasi dapat menunjukkan banyak hal mengenai kesehatan Anda. Tahun lalu, American College of Obstetricians and Gynecologists menerbitkan sebuah laporan yang mengatakan bahwa tekanan darah, denyut nadi dan suhu tubuh bisa diketahui dari warna darah haid.

Tak percaya? Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Prevention:

1. Darah berwarna merah muda

Anda mungkin memiliki penurunan hormon estrogen di dalam tubuh, terutama jika darah keluar dengan jumlah yang sedikit. Biasanya kondisi ini dialami oleh mereka yang rajin berolahraga.

Studi menunjukkan, olahraga secara berlebihan dapat menurunkan kadar estrogen yang dapat mempengaruhi warna darah haid menjadi pink. Rendahnya hormon estrogen dalam tubuh dikaitkan dengan risiko osteoporosis yang lebih tinggi atau menopouse dini.

2. Darah kurang pekat

Dokter spesialis kandungan di New York, Alyssa Dweck mengatakan bahwa kondisi darah haid yang encer dapat menjadi tanda masalah anemia yang diderita seseorang. Jika Anda merasa hal ini disertai dengan gejala 5L atau letih, lesu, lunglai, lelah, dan lemas, segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter.

3. Darah berwarna merah terang

Anda mungkin memiliki kadar hormon progesteron yang rendah dan estrogen yang tinggi. Ketidakseimbangan ini bisa menunjukkan adanya tumor jinak pada rahim yang membuat haid terasa menyakitkan. Jadi jika Anda mengalami kondisi ini saat haid, segera konsultasikan pada dokter untuk dilakukan ultasonografi.

4. Darah berwarna campuran abu-abu dan merah

Warna haid yang seperti ini menunjukkan bahwa Anda mengalami infeksi menular seksual yang disertai dengan bau haid yang tak sedap. Selain itu, warna haid campuran abu-abu dan merah ini bisa menunjukkan kondisi keguguran.

5. Darah berwarna merah pekat

Jika Anda memiliki warna darah yang merah pekat maka hal ini menunjukkan bahwa kondisi kesehatan Anda normal. Secara umum, aliran darah yang merah pekat ini merupakan sinyal bahwa sistem tubuh bekerja sebagaimana mestinya.

Topik Pilihan