Alexa

Tak Disangka, Ciuman Ternyata Bisa Redakan Stres hingga Alergi

Ririn Indriani
Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi. (Shutterstock)

Berbagai studi menemukan ciuman ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Suara.com - Selain romantis dan merupakan salah satu wujud menyatakan cinta kasih, ciuman bibir, pelukan bahkan bergandengan tangan  ternyata memiliki enam manfaat bagi kesehatan.
 
Yah, sebuah ciuman nyatanya dapat memberikan manfaat kesehatan seperti mengurangi rasa sakit. Peneliti juga percaya, berciuman juga dapat menurunkan kadar kortisol yaitu senyawa kimia dalam tubuh yang berkaitan dengan stres.

Dihimpun dari everydayhealth.com, berikut enam manfaat berciuman dengan pasangan.

1. Berciuman dapat mengurangi gejala alergi
Keluhan seperti kerap merasakan mata gatal dan hidung meler ternyata dapat dikurangi dengan melakukan ciuman dengan pasangan. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2006 dalam Journal of Psychosomatic, menunjukkan bahwa mengunci bibir dengan pasangan selama 30 menit dapat mengurangi gejala alergi pada orang dengan eksim atopik dan alergi musiman yang ringan.

2. Lebih banyak berpelukan akan meringankan rasa nyeri
Penelitian yang dipublikasikan pada 2015 dalam Desain Farmasi menunjukkan bahwa oksitosin (atau hormon berpelukan), yang dilepaskan ketika Anda mencium dan memeluk pasangan, dapat mengurangi rasa sakit. Para peneliti mencatat bahwa oksitosin memiliki analgesik (penghilang rasa sakit), serta kemampuan untuk mengurangi kecemasan dan depresi.

3. Berciuman membantu mengurangi stres
Ternyata ada alasan tepat untuk meringkuk dengan pasangan setelah melewati hari yang melelahkan. Berpelukan dan berciuman telah terbukti menurunkan kadar kortisol, zat kimia yang terkait dengan stres.

4. Ciuman membuat mulut lebih bersih
Ciuman meski bukan hal yang tepat untuk mengganti aktifitas menyikat gigi, ternyata dapat membantu mencegah kerusakan pada gigi.  "Berciuman merangsang produksi air liur, yang mencuci bakteri berbahaya dari gigi, menurunkan risiko penumpukan plak," jelas Joshua Perlman, DMD, seorang dokter gigi di New York City.

5. Berciuman lama dapat membuatmu menemukan pasangan yang tepat
Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2007 dalam Psikologi Evolusioner menunjukkan bahwa berciuman dapat membantu menilai pasangan. Ketika mencium, Anda bertukar informasi terkait dengan kompleks major histocompatibility (MHC), yang merupakan kumpulan gen yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh Anda. Tujuannya adalah untuk menemukan pasangan yang memiliki sistem kekebalan tubuh berbeda dari Anda (untuk meningkatkan kesempatan anak Anda untuk bertahan hidup).

6. Ciuman, pelukan dan bahkan sentuhan dapat menyalakan kembali kehidupan seks yang sempat terhenti
Jika urusan anak dan rumah tangga telah membuat gairah seks berkurang, maka sentuhan fisik sepeti ciuman, pelukan dan pegangan tangan dapat membuat keajaiban dengan memanaskan kembali gairah dengan pasangan Anda. (Risna Halidi)




loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Mari tetap hargai perbedaan agar kita tidak terpecah belah. Setuju dengan Kang Emil! 😎 #KutipanSuaradotcom
.
.
#KutipanBijak #KutipanSukses #KataBijak #MotivasiSukses #Inspirasi #Motivasi #QuoteBijak #KutipanCinta #QuoteOfTheDay #Quotes #Suaradotcom