Alexa

Lebih Baik Bercerai atau Bertahan?

Chaerunnisa | Dinda Rachmawati
Ilustrasi orang tua bertengkar di depan anak. [Shutterstock]
Ilustrasi orang tua bertengkar di depan anak. [Shutterstock]

Lebih baik menjadi orangtua tunggal daripada mempertahankan hubungan bermasalah.

Suara.com - Banyak pasangan yang menghindari perceraian dan berusaha bertahan dalam ikatan pernikahan yang sudah bermasalah karena khawatir dengan masa depan anak-anak mereka. Ternyata, itu malah memberi efek buruk bagi pasangan.

Menurut para peneliti, menjadi seorang ibu tunggal, bukanlah menjadi masalah ketika membesarkan anak-anak. Pasalnya, saat ini, banyak dari mereka yang justru berhasil membesarkan anak mereka dengan baik.

Sebagai bagian dari penelitian ini, para peneliti mempelajari tingkat kesehatan dan stres emosional pada anak-anak dari seorang ibu tunggal dan membandingkan data dengan anak-anak lain. Hasilnya, mereka tidak menemukan perbedaan secara signifikan.

Sebagian besar ibu tunggal yang membesarkan anak mereka sendirian akan memastikan anak mereka memiliki dukungan lain dari keluarga atau teman-teman lain. Inilah yang akan membantu anak mereka tumbuh di tengah suasana sehat dengan hubungan sosial yang juga sehat.

Hal ini, kata para peneliti, justru akan memberikan pengaruh leih baik terhadap perkembangam mereka, dibandingkam saat mereka melihat dan mendengar orangtua mereka bertengkar terus menerus. Keadaan ini akan membuat mereka lebih menderita daripada anak-anak dari orang tua tunggal.

Para peneliti mengatakan, hubungan tegang antara orangtua maupun antara orangtua dan anak merupakan beberapa faktor yang akan berdampak negatif terhadap kesehatan emosional dan mental anak itu.

Meski membesarkan anak tanpa ayah tidak selalu menjadi keputusan yang sehat, jika ditangani dengan baik, ini adalah pilihan yang lebih baik daripada membesarkan anak di lingkungan di mana kedua orangtua bertengkar setiap hari.

Lingkungan seperti itu juatru bisa menimbulkan rasa takut, stres, inferioritas yang kompleks dan depresi pada anak-anak.

Periset mempelajari lebih dari 70 ibu tunggal dan anak-anak mereka, dan membandingkan hasilnya dengan anak-anak lain dan sampai pada kesimpulan bahwa ibu tunggal dapat mengatasi tantangan tersebut. (Boldsky)


loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Jangan pernah lupakan ibumu karena surga ada di telapak kaki ibu 😇
.
Selamat malam #suaradotcom 💕
.
.
.
#quote #quotes #mother #motherdaughter #motherquotes #kutipan #katabijak #katasukses #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS