Alexa

Yang Perlu Anda Tahu Tentang Jerawat Batu

Ririn Indriani
Ilustrasi jerawat batu. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat batu. (Shutterstock)

Proses penyembuhan jerawat batu lebih lama dibanding jerawat biasa.

Suara.com - Pernahkah Anda merasa terganggu ketika bangun tidur di pagi hari, lalu menemukan jerawat besar dan keras di wajah Anda?Jerawat besar tersebut juga bisa dikenal sebagai jerawat batu.

Menyebalkan memang, ketika jerawat batu muncul, karena proses penyembuhan jerawat batu memakan waktu lebih lama dibanding jerawat biasa. Selain menjadi masalah bagi kulit, jerawat batu juga mengganggu penampilan.

Tak jarang kita menutupinya dengan concealer agar kemerahan pada jerawat tersebut tak terlalu kentara. Bahkan, karena ukurannya yang besar dan membuat wajah kemerahan, ada yang merasa tidak ingin pergi keluar ketika jerawat ini muncul.

Jerawat batu tak seharusnya membuat Anda tak percaya diri. Jerawat batu sendiri disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah hormon. Kita tidak bisa menghindari perubahan hormon, tetapi Anda bisa meminimalisir kemunculan jerawat batu.

Apa itu jerawat batu?
Jerawat batu alias cystic acne adalah jerawat yang terbentuk jauh di dalam kulit yang disebabkan penyumbatan oleh sel kulit mati, bisa juga disebabkan karena terperangkapnya bakteri di dalam pori-pori.

Akibatnya, muncul benjolan merah dan bernanah. Sebagian besar jerawat batu ini menimbulkan rasa sakit ketika tersentuh, tetapi ada juga orang yang mengaku tidak merasa sakit ketika menekan jerawatnya.

Peradangan juga bisa terjadi. Hal ini disebabkan adanya perpecahan pori di bawah kulit, membuat peradangan menyebar ke jaringan kulit. Jika hal tersebut terus berlanjut, dapat mengakibatkan peradangan lebih meluas lagi dan jerawat-jerawat baru pun muncul. Berikut ulasan mendalam tentang jerawat batu yang dihimpun hellosehat.com.

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...