Alexa

10 Bahan Alami Ini Mampu Usir Bekas Jerawat dengan Cepat

Ririn Indriani
10 Bahan Alami Ini Mampu Usir Bekas Jerawat dengan Cepat
Ilustrasi perawatan wajah dengan masker mentimun. (Shutterstock)

Sejumlah vitamin dan antioksidan ampuh melawan gangguan kulit.

Suara.com - Flek dan bintik hitam merupakan bekas jerawat yang mengganggu penampilan. Bagi perempuan, jerawat adalah tamu tak diundang yang harus segera dienyahkan.

Tapi sayangnya setelah jerawat pergi biasanya akan membekas lama. Semakin tidak ditangani, bisa meninggalkan tanda yang sulit hilang.

Lagi-lagi, ini bakal menjadi kendala penampilan maksimal. Bila ini yang Anda alami jangan terburu-buru pergi ke dokter kulit, sebab bekas jerawat bisa kok diatasi dengan cepat secara alami.

Mau tahu bagaimana caranya? Berikut 10 tips menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat:

1. Lidah buaya
Lidah buaya mengandung aloesin, zat yang dapat menghambat pembentukan melanin. Melanin dapat menyebabkan kulit menjadi gelap. Selain itu, lidah buaya juga mengandung senyawa yang mampu merangsang terbentuknya sel baru. Potong dan peras lidah buaya, kemudian oleskan ke seluruh wajah dengan cara dipijit ringan hingga meresap ke dalam kulit.

2. Madu
Madu mengandung efek antiseptik dan pelembab. Oleskan madu pada wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit. Setelah terasa kering, bilas dengan air dingin.

3. Tomat
Potong tomat tipis-tipis dan tempelkan pada wajah yang memiliki bekas jerawat. Diamkan di sana sekitar 25-30 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin seminggu 3 kali, agar bekas jerawat cepat hilang.

4. Kulit Jeruk
Menghilangkan bekas jerawat dengan kulit jeruk membutuhkan waktu khusus. Kulit jeruk dikeringkan dan kemudian ditumbuk hingga menjadi bubuk. Saat akan dipakai, campurkan bubuk tersebut dengan air dan dioleskan pada bagian wajah yang bermasalah. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan air. Kadar vitamin C dalam kulit jeruk merupakan sumber antioksidan yang dapat membersihkan pori-pori dari kotoran yang menyumbat.

5. Lemon atau Jeruk Nipis
Peras lemon atau jeruk nipis, kemudian oleskan pada wajah yang bermasalah. Diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air. Lakukanlah secara rutin minimal 3 kali seminggu.

6. Mentimun
Mentimun mengandung vitamin A, C, dan magnesium. Untuk menghilangkan luka jerawat, timun dipotong-potong tipis, kemudian tempelkan pada wajah dan diamkan hingga 20-30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

7. Scrub Gula
Siapkan 2 sendok gula dan 1 sendok minyak zaitun, campurkan. Bisa juga ditambahkan beberapa tetes air jeruk nipis dan oleskan secara merata pada seluruh kulit wajah, diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air.

8. Bawang Putih
Bawang putih mengandung thiacremonon sulfur. Senyawa ini mampu mengeringkan jerawat dan senyawa allicin-nya yang bersifat antiseptik ampuh menangkal bakteri penyebab jerawat. Kedua senyawa tersebut mampu membersihkan kulit dari bekas jerawat. Caranya, haluskan bawang putih, oleskan pada bekas jerawat, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih optimal, bawang putih yang telah dihaluskan dapat dicampur dengan cuka sari apel sebelum dioleskan ke wajah.

9. Pepaya
Bersihkan pepaya dan potong menjadi beberapa bagian. Haluskan, lalu oleskan sebagai masker pada wajah selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Pepaya mengandung enzim papain yang mampu mengikis sel kulit mati. Antioksidan dan vitamin dalam pepaya dapat mengatasi jerawat, sekaligus memudarkan bekas jerawat.

10. Cuka Sari Apel
Campurkan 5 mililiter cuka sari apel dengan 95 ml air. Oleskan pada bekas jerawat dan biarkan selama 10-20 menit. kemudian bilas dengan air hangat. Cuka sari apel mampu mengatur tingkat keasaman atau pH kulit, dan dapat mengurangi kulit kemerahan akibat jerawat. (Nessy Febrinastri)


loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Stop kerokan! Sadar atau tidak, kerokan memakai uang logam bisa menyebabkan melebarnya pori kulit. Pelebaran pori ini akan memudahkan masuknya bakteri dan virus ke dalam tubuh, bahkan ke dalam peredaran darah. #DidYouKnow
.
.
.
.
#kerokan #masukangin #sick #health #tahukahkamu #wowfakta #faktakesehatan #faktadokter #faktaunik #facts #Infiafacts #dagelan #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS