Alexa

Air Garam Mampu Atasi Jerawat Meradang

Ririn Indriani
Air Garam Mampu Atasi Jerawat Meradang
Ilustrasi garam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat yang meradang. (Shutterstock)

Garam dapur memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan kulit.

Suara.com - Jerawat seringkali meninggalkan bekas luka yang cukup mengganggu.

Namun Anda jangan terlalu khawatir bila mengalami keluhan ini. Mengapa? Karena gangguan ini bisa diringankan dengan bahan yang tak sulit didapat, yaitu Garam dapur atau NaCl.

Betul, garam dapur ternyata memiliki banyak khasiat bagi kulit. Kandungan belerang dan potasiumnya dapat menyeimbangkan kandungan air dalam kulit dan menyingkirkan kotoran untuk menghindari tumbuhnya jerawat. Selain itu, kandungan mineralnya juga dapat menjaga kekenyalan dan kesegaran kulit.

Jerawat merupakan gangguan kulit yang kerap muncul saat wajah kotor, berminyak, atau terkena pengaruh hormon tubuh. Keberadaan jerawat di wajah biasanya bertahan hingga sepekan atau lebih.

Pada beberapa kasus, ada jerawat membandel. Tak hanya meninggalkan pemandangan tak elok di wajah, jerawat meradang terasa menyiksa.

Agar jerawat tidak parah, sebaiknya memang diatasi sedini mungkin. Berikut beberapa khasiat air garam untuk mengatasi jerawat meradang:

1. Mengatasi Jerawat Membandel
Jerawat membandel, bernanah, atau meradang dapat diatasi dengan uap air garam. Caranya, 2-3 sendok garam dicampur 150 mililiter air dan direbus. Saat uap mengalir ke atas, posisikan bagian wajah yang berjerawat terkena uapnya. Pada saat ini, garam, bersama-sama dengan kalium dan belerang akan menyeimbangkan konsentrasi air pada kulit wajah, sehingga menghilangkan kotoran yang dapat menghambat proses penyembuhan jerawat.

2. Menghilangkan Luka Jerawat
Luka bekas jerawat sangat mengganggu penampilan. Namun ada cara yang bisa dilakukan untuk menutup luka itu secara alami. Caranya, ambil 2-3 sendok makan garam dapur dicampur dengan 150 ml air, diaduk dan dipanaskan beberapa saat (tidak sampai mendidih).

Siapkan handuk kecil dan celupkan dalam air hangat tersebut selama 10-15 menit. Tutupi wajah dengan handuk tersebut, kemudian bilas dengan air dingin. Pijat-pijat ringan wajah Anda dengan air garam yang telah diberi beberapa tetes minyak zaitun dengan gerakan memutar. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu.

3. Mengontrol Wajah Berminyak
Minyak di wajah merupakan penyebab jerawat. Kandungan kalium dan belerang pada garam bisa mengontrol minyak pada wajah. Cara pertama bisa dilakukan dengan menggunakan uap air garam seperti poin 1. Atau, Anda juga dapat mencuci wajah dengan air garam saat merasa membutuhkannya atau saat mandi.

4. Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat
Siapkan 2-3 sendok makan garam dapur dan 150 ml air. Campurkan sambil dipanaskan hingga hangat dan larut. Basuh wajah dengan air garam tersebut selama kurang lebih 10 menit. Perawatan ini dapat dilakukan setiap dua hari sekali untuk mendapatkan wajah yang lebih kencang, bersih, halus, dan bersinar. (Nessy Febrinastri)


loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Stop kerokan! Sadar atau tidak, kerokan memakai uang logam bisa menyebabkan melebarnya pori kulit. Pelebaran pori ini akan memudahkan masuknya bakteri dan virus ke dalam tubuh, bahkan ke dalam peredaran darah. #DidYouKnow
.
.
.
.
#kerokan #masukangin #sick #health #tahukahkamu #wowfakta #faktakesehatan #faktadokter #faktaunik #facts #Infiafacts #dagelan #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS