Alexa

Mau Jadi Ibu Rumah Tangga Sukses?

Angelina Donna

Jangan pernah berkecimpung di dunia usaha yang notabene tidak Anda ketahui tata cara pelaksanaannya.

Suara.com - Siapa yang tidak mau sukses? Pasti tidak ada yang mau mengacungkan jari, karena kita semua pasti ingin sukses! Kesuksesan adalah hal yang diinginkan setiap orang. Tidak hanya sukses dalam rumah tangga tapi juga sukses dalam hal finansial.

Menjadi ibu rumah tangga adalah sebuah amanah di saat kita sudah menikah nanti. Di mana pekerjaan utama kita adalah membersihkan rumah, memasak, mencuci baju, piring, menjaga anak, dan masih banyak lagi. Pokoknya hal yang berbau dengan tugas rumah adalah kewajiban kita sebagai istri yang baik.

Namun di dalam hati sanubari yang terdalam, pasti kita ingin bekerja, berbisnis, atau melakukan hal apa saja yang tidak melulu hanya berkaitan dengan rumah rumah dan rumah. Ya kamu bisa kok untuk memulainya, berawal dari bisnis kecil-kecilan dulu.

Saat ini perkembangan teknologi yang semakin pesat akan semakin menolong para ibu-ibu yang ingin memulai bisnis. Perkembangan teknologi ini membantu dalam hal menentukan ide, cara mengembangkan bisnis, apa saja yang dibutuhkan, berapa kisaran modal yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.

Para ibu-ibu bisa menggunakan smartphone nya untuk mencari informasi terkait bisnis yang akan dijalankan. Jangan salah, saat ini sudah banyak ibu rumah tangga yang sukses dari bisnis rumahan. Bahkan omzet atau keuntungan yang diraih bisa dikatakan bombastis bukan fantastis lagi. Padahal kita tahu, menjadi seorang ibu yang berprofesi ganda (mengurusi rumah dan berbisnis) itu merupakan hal yang sulit dan tidak mudah dilakukan.

Untuk bisa menjalankan profesi ganda ini, pejadwalan dan pembagian waktu yang tepat sangatlah dibutuhkan. Agar keduanya bisa berjalan beriringan dan berimbang, tidak berat sebelah. Kamu mau jadi ibu rumah tangga yang sukses? Ini dia tipsnya:

Pintar Bagi Waktu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, waktu adalah kunci untuk menjalankan profesi ganda ini. Kurang pintar membagi waktu terhadap dua pekerjaan, akan membuat salah satu dari pekerjaan tersebut menjadi tidak terurus. Untuk itu, mulailah membagi waktu yang baik mana waktu untuk bisnis mana waktu untuk rumah dan anak.

Jangan sampai waktu untuk menjaga anak digunakan untuk menjalankan bisnis dan sebaliknya. Jelaskan juga kepada konsumen jam kerja operasi bisnismu. Jangan sampai mereka salah sangka dan mengatakan kamu tidak bekerja profesional karena kesalahpahaman yang terjadi.

Konsekuensi dan Disiplin

Dalam setiap tindakan yang dilakukan pasti ada konsekuensinya bukan? Sudah jelas “ya”. Jangan pernah mengedepankan bisnis daripada keluarga. Harus tetap diingat bahwa keluarga adalah nomor satu. Uang banyak, bisnis lancar tidak ada gunanya jika keluarganya berantakan.

Jangan biarkan anak kamu jadi kurang kasih sayang karena sibuknya kamu menjalankan bisnis. Tapi perhatikan dan sisakan waktu bermainmu dengannya, agar dia tidak tumbuh menjadi anak yang nakal. Tentunya untuk menjalankan ini kamu harus disiplin ya.

Manajemen Keuangan

Ibu yang baik harus pintar memanage kondisi keuangan. Hal tersebut juga harus dilakukan pada bisnis. Keuntungan yang kamu peroleh dalam berbisnis jangan dihabiskan dan dipergunakan untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting. Memang godaan akan selalu ada tapi sekali lagi yakinkan dirimu! Usahakan untuk tidak mencampurkan keuangan rumah tangga dengan bisnis. Simpanlah dalam tabungan yang berbeda, agar kamu bisa mengukur seberapa besar keuntungan yang kamu peroleh dari bisnis yang kamu jalankan.

Pilih Usaha Sesuai Kemampuan

Jangan pernah berkecimpung di dunia usaha yang notabene tidak Anda ketahui tata cara pelaksanaannya. Jangan dengarkan apa kata orang lain yang mengatakan bahwa bisnis ini enak, mudah, atau apalah itu, akan tetapi dengarlah kata hatimu. Temukan passion yang ada dalam dirimu. Apabila bisnismu sesuai dengan passion dan kemampuanmu maka kamu akan dengan senang hati untuk terus mengembangkan bisnismu itu. dengan demikian bisnismu bisa tumbuh dan berkembang dengan cepat bukan?

Selalu Bersemangat

Apalah guna kemampuan tinggi namun semangat rendah? Berat sebelah dong jadinya! Usahakan untuk mengimbangi kemampuan yang kamu miliki dengan semangatmu. Sewaktu menjalankan bisnis kamu harus semangat, dan yakin bahwa bisnismu ini akan maju di kemudian hari.

 

Baca juga berita Cermati lainnya:

Reksa Dana Dolar, Cara Membiayai Anak Sekolah ke Luar Negeri

Kredit Bisa Menyulitkan Keuangan? Tidak Juga Tuh!

 7 Ide Usaha dengan Modal Ringan Hanya 1 Juta

Published by

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Jangan pernah lupakan ibumu karena surga ada di telapak kaki ibu 😇
.
Selamat malam #suaradotcom 💕
.
.
.
#quote #quotes #mother #motherdaughter #motherquotes #kutipan #katabijak #katasukses #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS