Alexa

Ketika Jenahara Gunakan Kain Ulos pada Koleksi Terbarunya

Arsito Hidayatullah | Dinda Rachmawati
Peragaan koleksi busana Jenahara di Indonesia Fashion Week (IFW) 2017, Jakarta, Rabu (1/2). [Suara.com/Dinda Rachmawati]
Peragaan koleksi busana Jenahara di Indonesia Fashion Week (IFW) 2017, Jakarta, Rabu (1/2). [Suara.com/Dinda Rachmawati]

Diakui Jehan, koleksinya kali ini terinspirasi dari kekuatan seorang perempuan.

Suara.com - Fashion show berjudul "Tenoen Etnik" meramaikan gelaran mode Indonesia Fashion Week (IFW) 2017 di hari pertama kemarin. Beberapa desainer menampilkan koleksi bernuansa tenun dari beberapa daerah di Indonesia, salah satunya yaitu desainer busana muslim Jenahara.

Untuk pertama kalinya, Jenahara mengangkat kain ulos khas tanah Batak ke dalam koleksinya yang bertajuk "Hinauli". Nama itu sendiri diambil dari bahasa Batak yang berarti keindahan.

Meski menampilkan sesuatu yang berbeda, koleksi Jehan, begitu ia biasa dipanggil, masih tetap konsisten dengan ciri khasnya, menggunakan warna monotone dan cutting yang edgy dan minimalis.

"Koleksi ini mengedepankan busana yang mudah di-mix and match. Meski ada nuansa ulos, aku mau baju muslim ini mudah untuk digunakan, tanpa orang merasa ribet," ungkap Jehan, dalam konferensi pers di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (1/2/2017).

Perempuan berdarah Batak ini mengaku, koleksinya kali ini terinspirasi dari kekuatan seorang perempuan. Ia ingin merepresentasikan kekuatan dan jiwa pemimpin dari seorang perempuan.

Semua visi itu pun ia tuangkan melalui motif kain ulos yang menunjukkan kekuatan dan keberanian. Motif-motif dalam busana yang didominasi warna hitam ini juga menampilkan kesan tegas.

Detil berupa pleats, penggunaan eyeled dengan potongan asimetris, menghiasi koleksinya kali ini. Tak hanya itu, Jehan juga menggunakan teknik drapping pada beberapa look sebagai fabric treatment busananya.

"Kain ulos adalah kain tradisional yang memiliki nilai seni yang tinggi. Sehingga, mengolahnya tidak bisa sembarangan. Pemotongan kainnya juga harus hati-hati," tutup dia.


loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Mari tetap hargai perbedaan agar kita tidak terpecah belah. Setuju dengan Kang Emil! 😎 #KutipanSuaradotcom
.
.
#KutipanBijak #KutipanSukses #KataBijak #MotivasiSukses #Inspirasi #Motivasi #QuoteBijak #KutipanCinta #QuoteOfTheDay #Quotes #Suaradotcom