Alexa

Punya Sifat Penyendiri dan Kurang Gaul? Bisa Sukses Juga Lho

Angelina Donna

Dengan sifatnya yang lebih memilih untuk sendiri, orang introvert punya waktu lebih banyak dan tenang untuk berpikir.

Suara.com - Coba perhatiin, zaman sekolah, kuliah dan bahkan di tempat kerja pasti ada si pendiam yang ngapain aja sendirian. Makan siang sendiri, pulang kantor nggak ikutan nongkrong. Mereka adalah orang-orang introvert.

Eits, jangan langsung kasih tudingan negatf bagi orang-orang yang kayak gitu. Ada hal-hal positif juga kok yang bisa dipelajari dari mereka.

Ingat, Tuhan itu Maha adil. Manusia punya kekurangan dan kelebihan. Punya sifat suka menyendiri dan sulit bergaul juga bisa jadi orang sukses layaknya mereka yang ekstrovert.

Berikut 6 sisi positif dari orang-orang yang introvert alias suka menyendiri dan kurang gaul.

Pendengar yang baik
Karena terbiasa dengan sendiri, orang introvert bisa menjadi pendengar yang baik. Mendengar di sini bukan dalam arti masuk kuping kanan keluar kuping kiri loh. Tapi, benar-benar mendengar keluh kesah atau cerita dan memahaminya.

Kebanyakan orang ingin jadi yang didengar, bukan mendengar. Tonton saja acara debat di televisi. Nggak sedikit yang mulanya adu argumentasi lalu jadi adu jotos.
Orang introvert dominan dengan sikap sabar dan tenang. Gak hanya menjadi pendengar, mereka juga pada akhirnya bisa memberi solusi yang tepat.

Punya waktu lebih banyak
Dengan sifatnya yang lebih memilih untuk sendiri, orang introvert punya waktu lebih banyak dan tenang untuk berpikir. Kemampuan yang kayak gini bikin mereka cenderung jadi pengambil keputusan yang baik.

Kenapa? Ya karena keputusan yang diambil sebagian besar murni dari pertimbangan sendiri. Nggak ada campur tangan pihak lain. Hal ini penting buat mereka yang berada di level top manajemen yang sering dihadapkan dengan hal-hal seperti itu.

Lebih mandiri
Karena lebih suka menyendiri, otomatis mereka jadi pribadi yang lebih mandiri. Ini karena mereka biasa melakukan semua sendiri. Gak tergantung sama orang lain.
Kalau kerja di perusahaan yang gak ada timnya, sikap kayak gini berguna. Karena dituntut bisa kerja secara individu. Atasan juga jadi lebih bisa menilai performa kerja masing-masing individu.

Berbakat di industri kreatif
Menghabiskan waktu sendiri bikin seseorang cenderung bisa berimajinasi. Bisa memikirkan banyak hal lebih luas dan menganalisa dengan tenang dan dengan akal sehat. Dengan kata lain mereka berbakat di industri yang kreatif.

Banyak ide-ide ciamik yang muncul saat sedang menyepi. Ibaratnya suara hati pun bisa terdengar jelas. Gak heran kalau orang-orang yang punya sifat begini punya bakat jadi penulis, pelukis, komposer dan profesi kreatif keren lainnya.

Pergaulan terjaga
Orang introvert akan lebih memilih berdiam diri di rumah atau pergi ke sebuah tempat yang jauh dari hiruk pikuk Minim resiko dari pengaruh pergaulan yang gak baik seperti gaya hidup konsumtif dan hingar-bingar lain.
Nah, frekuensi jarang bertemu dengan orang banyak inilah yang bikin orang introvert terhindar dari pengaruh pergaulan negatif.

Pengendalian diri
Soal pengendalian diri jangan ditanya. Walau bukan jadi jaminan tapi orang yang suka menyendiri biasanya lebih sabar.

Mereka nggak mudah terpancing emosi atau melakukan sesuatu secara impulsif yang bisa merugikan diri sendiri.

Manusia memang mahluk paling istimewa sekaligus unik. Yang pasti gak ada manusia yang sempurna. Ada kekurangan tapi pasti punya kelebihan. Orang introvert memang kurang fleksibel dalam menjalin network. Mereka juga punya kendala dalam komunikasi interaktif.

Stigma masyarakat secara umum tentang orang introvert adalah ‘kuper’ bahkan ada yang bilang ‘aneh’. Namun ternyata di balik sifat orang introvert, ada hal-hal yang bisa kita pelajari buat jadi insipirasi kesuksesan.



Baca juga artikel DuitPintar lainnya:

Sukses Itu Milik Siapa Saja, Lihat Tuh Bu Susi Pudjiastuti, Asalkan

Kerja Tim atau Sendiri, Siapa Takut! Simak yang Ini Deh]

10 Langkah Mendidik Anak Agar Mandiri

Published by

 

Topik Pilihan