Alexa

Wah, Ada Tarian 'Mistis' di Galeri Indonesia Kaya

Arsito Hidayatullah | Risna Halidi
Pertunjukan tari Lukah Gilo di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Sabtu (11/3/2017). [Image Dynamic/PR]
Pertunjukan tari Lukah Gilo di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Sabtu (11/3/2017). [Image Dynamic/PR]

Karya tari ini terinspirasi dari sebuah tradisi permainan mistis di Riau.

Suara.com - Salah satu kelompok seni terpilih dalam program Ruang Kreatif, Mila Art Dance pimpinan Mila Rosinta Totoatmojo, baru saja menampilkan karya tari bertajuk Lukah Gilo, di Auditorium Galeri Indonesia Kaya pada Sabtu (11/3/2017) lalu.

Karya tari ini terinspirasi dari lukah gilo (lukah gila), yaitu sebuah tradisi di Riau tentang permainan mistis dengan menggunakan lukah (keranjang penangkap ikan) dan mantra pemanggil arwah. Sisi keunikan dan kesakralan lukah gilo terletak pada gerakan lukah akibat masuknya makhluk gaib yang telah diberi mantra oleh bomo (dukun).

Hingga saat ini, permainan magis lukah gilo disebut masih terus dipentaskan sebagai hiburan di acara-acara besar pemerintahan hingga pernikahan. Namun, budaya tradisi ini dikhawatirkan akan semakin tergerus, karena regenerasi untuk menjadi bomo belum ada ke generasi muda lantaran tidak dapat diwariskan ke sembarang orang. Hal tersebut mengispirasi Duwi Novrianti, koreografer, untuk menciptakan karya lukah gilo pada pementasan ini.

Dengan aransemen komposer Muhammad Adnan Irfianto, nuansa mistis dan permainan sebagai hiburan hadir dalam karya ini. Para penari yang terdiri dari Irma Indriyani, Rines Onyxi Tampubolon, Dea Agustina, Ahmad Susantri, Elan Fitra Dianto dan Wahyu Kurnia, menampilkan permainan dan eksplorasi lukah dengan nuansa yang berbeda.

"Melalui pertunjukan ini, kami berharap masyarakat dapat melihat suatu warisan kebudayaan tradisi yang dikemas menjadi sesuatu yang berbeda, tanpa meninggalkan esensi bahwa kita harus menghormati keberadaan semua makhluk di sekitar kita," ujar Mila Rosinta.

Pertunjukan Lukah Gilo di Galeri Indonesia Kaya sendiri merupakan persembahan dari Bakti Budaya Djarum Foundation dalam program yang berjudul "Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia". Terdapat 10 kelompok seni yang akan menampilkan karyanya setiap akhir pekan di galeri tersebut sepanjang 4 Maret hingga 2 April 2017.


loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Sejarah hari ini #TodayInHistory
.
.
.
.
#johnstown #flood #nature #disaster #pennsylvania #unitedstates #us #america #amerikaserikat #worldhistory #history #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS