Alexa

10 Keajaiban Jepang yang Harus Ditiru Orang Indonesia

Ardi Mandiri | Rinaldi Aban
Ilustrasi gadis jepang dengan kimono. (Shutterstock)
Ilustrasi gadis jepang dengan kimono. (Shutterstock)

Tak heran, jika banyak yang mengagumi keindahan dan kekayaan budaya Jepang.

Suara.com - Jepang adalah negara yang luar biasa. Tak heran, jika banyak yang mengagumi keindahan dan kekayaan budaya Jepang.



Mulai dari tempat wisata, tradisi hingga inovasi penemuan membuat seluruh dunia takjub.

Agar maju, orang-orang Indonesia wajib menyontoh hal-hal yang ada di Jepang ini.

Melansir brightside, berikut alasan kenapa orang Indonesia harus belajar dari Jepang.

1. Tokyo kota metropolis paling aman di dunia

Pusat penelitian Economist Intelligence Unit telah menerbitkan peringkat kota-kota teraman di dunia berdasarkan kategori kelengkapan informasi, kesehatan, infrastruktur, dan keselamatan pribadi. Tokyo berada di posisi pertama, sedangkan posisi kedua Singapura dan ketiga Kota Osaka, Jepang.

2. Petunjuk Rinci

Jepang memiliki panduan yang membuat orang asing bisa mengerti dengan mudah. Selain teksnya yang tersedia versi bahasa Inggris ada juga ilustrasi yang  mudah dimengerti.

3.Anak-anak Jepang memiliki ulang tahun yang sama

Setiap 15 November merupakan perayaan besar untuk semua anak-anak yang berusia 3, 5, atau 7 tahun yang disebut Shiti-Go-San, yang diterjemahkan sebagai 'tujuh,lima,tiga'. Angka ganjil dianggap ajaib di Jepang, dan usia ini melambangkan tahapan penting untuk pertumbuhan dewasa.

4.Olahraga Pagi

Siswa sekolah dan karyawan dari sebagian besar perusahaan memulai hari mereka dengan olahraga pagi bersama. Tradisi ini sudah ada sejak 1928, dan banyak yang mendukungnya karena tidak hanya membuat orang merasa lebih baik, tetapi juga mendorong mereka untuk menjadi lebih dekat satu sama lain.

5.Jumat

Bukan rahasia lagi bahwa para pekerja di Jepang menderita kelelahan karena terlalu banyak bekerja setiap hari. Untuk melawan ini, pemerintah menyetujui program yang disebut Jumat. Karyawan dapat meninggalkan jam kerja setiap Jumat di akhir bulan.

6.Perusahaan dengan sejarah ribuan tahun

Hak milik property sangat ketat di Jepang, dan itu sebabnya ada perusahaan kuno seperti Hoshi Ryokan (hotel tradisional Jepang) yang sudah ada sejak tahun 718, dan telah dikelola oleh keluarga yang sama selama 46 generasi.

7.Cagar alam yang indah

Cagar alam yang indah ada di Desa Zao Fox di Prefektur Miyagi yang terletak di pulau Honsu. Desa ini dipenuhi dengan rubah liar. Semua orang bisa mengunjungi desa ini termasuk anak-anak kecil untuk memberi makan rubah.

8.Perbaikan jalan yang cepat

Pada 2014, muncul lubang besar dengan kedalaman 45 kaki di jalan Fukuoka.Lubang ini muncul karena adanya bangunan di bawah tanah. Untungnya tak ada korban terluka dalam kejadian ini. Yang menarik, hanya butuh 48 jam lubang ini selesai diperbaiki dan menjadi viral di dunia maya

9.Pekerja peduli

Para pekerja jalan menutupi mobil seseorang dengn selembar kanvas untuk melindunginya dari kotoran selama mereka bekerja.

10.Memaksimalkan ruang minimum

Di Jepang kebanyakkan mereka tinggal di apartemen kecil. Namun, mereka mampu memaksimalkan tempat dengan merawat bunga dengan mudah.


loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Buktikan kesuksesanmu dihasilkan dari menggunakan otak, bukan menggunakan tampang. 💪 #KutipanSuaradotcom
.
.
#KutipanBijak #KutipanSukses #KataBijak #MotivasiSukses #Inspirasi #Motivasi #QuoteBijak #KutipanCinta #QuoteOfTheDay #Quotes #Suaradotcom

INFOGRAFIS