Alexa

Frustasi karena Pesawat Delay? Ini yang Bisa Anda Lakukan

Ririn Indriani | Dinda Rachmawati
Ilustrasi penumpang menunggu di bandara lantaran pesawat delay. (Shutterstock)
Ilustrasi penumpang menunggu di bandara lantaran pesawat delay. (Shutterstock)

Ada beberapa rencana alternatif yang bisa dilakukan ketika pesawat delay, apa saja?

Suara.com - Saat melakukan sebuah perjalanan, kita tidak tahu hambatan apa yang mungkin akan terjadi dan bisa mengubah semua rencana, bahkan merusak jadwal perjalanan yang sudah kita buat sebelumnya.

Salah satu yang paling sering dihadapi oleh para wisatawan adalah pesawat delay. Sebenarnya penyebab dari keterlambatan ini cukup banyak, salah satunya karena cuaca.

Saat terperangkap badai di bandara, kebanyakan penumpang menjadi frustrasi, karena penundaan atau pembatalan penerbangan. Beberapa dari mereka bahkan memutuskan untuk menyerang atau menyalahkan operator udara, juga staf maskapai penerbangan untuk kemalangan mereka.

Bahkan menuntut untuk pemberian makanan dan akomodasi selama penundaan penerbangan karena cuaca. Sayangnya, ada beberapa maskapai yang tidak berimprovisasi untuk menyediakan makanan bagi penumpang standar mereka.

Perlu Anda ketahui, jika masalahnya adalah karena cuaca, sebenarnya maskapai tidak wajib memberikan makanan atau akomodasi lain pada penumpang. Karena dalam kasus penundaan yang disebabkan oleh masalah cuaca atau bahkan kontrol lalu lintas udara, ini merupakan situasi di luar kendali maskapai.

Lantas, apa sih yang bisa kita lakukan ketika terperangkap di bandara karena pesawat delay selama berjam-jam lamanya?

Memiliki rencana cadangan adalah hal wajar yang harus Anda persiapkan sebelum memulai perjalanan. Apapun yang akan terjadi, mungkin itu cuaca buruk atau apapun, setidaknya Anda sudah siap untuk menghadapinya.

Anda bisa memperhatikan ramalan cuaca terlebih dahulu atau biasanya jika cuaca buruk terjadi, peringatan akan dikeluarkan di kota-kota yang Anda singgahi. Ini cukup penting, karena Anda bisa mengubah rencana perjalanan dengan lebih siap.

Selain pilihan awal yang disebutkan di atas, Anda bisa meminta perubahan tanggal atau permintaan re-routing pada maskapai. Anda juga bisa memilih alternatif transportasi lain dan membuat reservasi cadangan untuk digunakan jika masalah badai atau cuaca menjadi lebih buruk.

Saat mengetahui cuaca buruk, Anda juga bisa meminta pengembalian uang dari beberapa reservasi yang sudah Anda lakukan, seperti hotel atau sewa mobil di tempat yang akan Anda kunjungi. Sebagian besar hotel memiliki pilihan reservasi dikembalikan.

Dan menggantinya dengan reservasi ulang di hotel terdekat oleh bandara tempat Anda terjebak, jika maskapai Anda tidak menyediakan akomodasi karena pembatalan itu disebabkan oleh cuaca.






loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkannya.” (Al-Bukhari) #SuaraRamadhan
.
.
#haditsalbukhari #hadits #deretanhadits #hadits #alquran #manfaatmembaca #bacaalquran #faidah #instagram #suaradotcom

INFOGRAFIS