Alexa

Blusukan Mencari Jejak HIV ala Sri Rahayu

Ririn Indriani | Risna Halidi
Sri Rahayu, Kartini masa kini yang berjuang di lokalisasi demi kesehatan kaum perempuan. (Suara.com/Risna Halidi)
Sri Rahayu, Kartini masa kini yang berjuang di lokalisasi demi kesehatan kaum perempuan. (Suara.com/Risna Halidi)

Perjuangan Sri Rahayu di lokalisasi untuk mencegah sekaligus menangani kasus HIV penuh liku.

Suara.com - Sri Rahayu atau Ayu kini telah menginjak usia 64 tahun. Meski sudah memasuki kepala enam, ia masih sibuk gerilya mencari jejak HIV di sudut kota bagian Barat dan Utara Jakarta.

Sudah 21 tahun lamanya, Ayu bergaul dengan pelaku sekaligus pelanggan dari perempuan-perempuan malam. Tujuannya hanya satu, mencegah penularan virus HIV semakin luas.

"Awalnya saya melihat lokalisasi ini rawan sekali karena remaja masuk, anak sekolah masuk, ibu rumah tangga juga nyambi masuk situ," papar Ayu ketika ditemui suara.com di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok Wilayah Kerja Pelabuhan Sunda Kelapa.

Berbagai cara dilakukan demi tercapainya misi mengurangi jumlah penularan HIV, mulai dari kejar-kejaran dengan pelaku di jalanan hingga membuka sebuah kafe di area lokalisasi.
"Kafe yang saya buka itu sebagai tempat monitoring WPS (wanita pekerja seks) yang baru. Mencari tahu apakah anak tersebut sedang depresi atau secara tragis tercebur dalam dunia hitam," bebernya.

Ayu mengaku, kadang harus bermain kucing-kucingan dengan anak-anak punk jalanan demi mencari tahu apakah anak-anak tersebut menderita HIV atau penyakit kelamin lainnya.


Lantas, apakah Sri Rahayu dalam menjalankan misi mulianya itu berjuang sendirian? Simak ulasannya di bagian selanjutnya.


loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Mari tetap hargai perbedaan agar kita tidak terpecah belah. Setuju dengan Kang Emil! 😎 #KutipanSuaradotcom
.
.
#KutipanBijak #KutipanSukses #KataBijak #MotivasiSukses #Inspirasi #Motivasi #QuoteBijak #KutipanCinta #QuoteOfTheDay #Quotes #Suaradotcom