Alexa

Berlibur Sambil Bekerja, Siapa Takut! Ini Manfaatnya

Angelina Donna

Tidak selamanya bekerja selama liburan banyak ruginya

Suara.com - Berlibur tapi masih diganggu urusan kerjaan? Mungkin sebagian besar dari kita masih mengalaminya. Tidak usah menggerutu. Tidak ada yang perlu disalahkan saat tuntutan bekerja menggerus waktu liburan. Ini soal perspektif saja kok.

Tidak  selamanya bekerja selama liburan banyak ruginya. Tetap ada sisi positifnya kok yang bisa diambil.

Suasana baru
Walau harus berkutat di depan layar laptop, view pantai dengan deburan ombak atau ditemani angin sejuk di pegunungan, seru pastinya. Kapan lagi kerja begini.
So, sudah pasti kerja sambil liburan bakal menciptakan suasana baru. Beda jauh kalau kerja di kantor yang view-nya itu-itu aja. Apalagi berurusan sama kolega kerja yang sering bikin bete.

Lebih produktif
Apa iya bisa lebih produktif? Ini soal mindset aja. Kerja remote dari kantor mungkin bakal bebas tekanan, gak perlu ribut-ribut, gak ada distorsi yang bikin mood berantakan.
Itu bisa didapat karena suasana sekeliling mendukung banget. Belum lagi bagi mereka yang membutuhkan ketenangan dalam bekerja. Praktis, pikiran lebih fokus.

Inspirasi ide-ide segar
Percaya nggak kalau kerja pas liburan malah mengundang ide-ide segar datang tanpa diundang. Secara gak langsung, liburan bikin pikiran lebih rileks. Otak jadi lebih lempeng.
Situasi ini mendukung banget ide-ide baru tercetus tanpa permisi. Ketika ide brilian itu diolah dan dikembangkan, siapa tahu membuat bos terpana. Eh, sepulang liburan dihadiahi promosi. Kebayang segrambreng tambahan bonus di slip gaji, cihuy!

Cobain gaya bermalas-malasan sambil kerja
Sudah sering kan kerja sambil malas-malasan. Coba sekarang dibalik. Gantian bermalas-malasan sambil kerja. Ketika biasanya otak dibuat full konsentrasi kerja, kali ini beda.
Ketika biasa mencuri-curi kesempatan buat malas-malasan saat kerja, sekarang curi-curi waktu liburan buat kerja. Bisa jadi ini bakal menambah skill multitasking.

Sedikitnya empat manfaat itu bisa didapat. Hanya jangan terlalu asyik sama kerjaan sampai lupa liburan. Judulnya kan liburan.

 

Baca juga artikel DuitPintar lainnya:

Masih Mau Kerja Seumur Hidup?

10 Cara Balikin Semangat Kerja Usai Liburan

Apakah Bijak Utang ke Bank Buat Biayai Liburan?

Published by

 

 

Jadi, sebelum putuskan kerja sambil liburan, pastikan dulu perhatikan hal-hal ini.

Jangan bawa banyak-banyak materi pekerjaan
Camkan sejak awal, ini liburan. Beda sama hari kerja. Jadi bawa berkas pekerjaan secukupnya. Jangan sampai bawa sekoper penuh berisi materi pekerjaan. Repot dong.

Atur waktu
Bikin porsi waktu kerja yang gak ganggu masa liburan. Usahakan porsinya lebih kecil. Kalau gede, ya sama aja bohong. Itu namanya tetap saja kerja. Cuma pindah tempat aja.

Pilih lokasi yang kondusif
Pilihl lokasi liburan yang tetap asyik sambil kerja. Misalnya, suasana yang tenang, koneksi internet yang stabil, dan lain-lain.
Hindari kerjaan yang menguras pikiran dan tenaga

Ingat sejak awal, kan lagi liburan. Jadi jauhi deh pikiran buat memforsir tenaga sama pikiran untuk bekerja. Tujuan utama liburan kan buat rileks dan menghilangkan penat dari aktivitas rutin.

Published by

loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Banjarmasin dilanda kerusuhan massal, menyusul kampanye Golkar pada hari terakhir putaran kampanye PPP menjelang pemilu 1997, ratusan orang tewas #TodayInHistory
.
.
.
.
#history #sejarah #banjarmasin #kalimantanselatan #jumatkelabu #mayday #election #pemilihanumum #pemilu #kerusuhan #indonesia #ppp #partaigolkar #likesforlikes #suaradotcom