Alexa

Selamat Hari Ayah Sedunia

Chaerunnisa
Hari Ayah Sedunia (Shutterstock)
Hari Ayah Sedunia (Shutterstock)

Hari Ayah Sedunia diperingati untuk menghormati para ayah.

Suara.com - Hari Ayah Sedunia dirayakan Amerika Serikat dan lebih dari 75 negara pada hari ini. Di Amerika, Hari Ayah Sedunia yang selalu diperingati pekan ketiga di bulan Juni setiap tahunnya jatuh pada tanggal 18 Juni waktu setempat, sedangkan di Indonesia pada Senin (19/6/2017).

Hari Ayah pertama kali dirayakan pada tanggal 19 Juni 1910 di negara bagian Washington. Namun, baru pada tahun 1972-1958 setelah Presiden Woodrow Wilson mencanangkan Hari Ibu, hari menghormati ayah menjadi hari libur nasional di Amerika Serikat.

Hari Ibu yang kita rayakan berawal dari kampanye perdamaian dan rekonsiliasi era pasca-Perang Saudara. Selama tahun 1860-an, atas desakan aktivis Ann Reeves Jarvis, satu kota Virginia Barat yang terpecah merayakan "Hari Ibu" yang mempertemukan para ibu tentara Konfederasi dan Persatuan.

Namun, Hari Ibu tidak menjadi hari libur sampai tahun 1908, ketika seorang anak perempuan Jarvis, Anna Jarvis, ingin menghormati ibunya sendiri dengan menjadikan Hari Ibu sebagai hari libur nasional.

Pada tahun 1909, 45 negara bagian mengamati hari itu, dan pada tahun 1914, Presiden Woodrow Wilson menyetujui sebuah resolusi yang membuat hari Minggu kedua di bulan Mei menjadi hari libur untuk menghormati "Para ibu di Amerika".

Sementara itu, mengenai kampanye Hari Ayah tidak setinggi antusiasmenya dengan Hari Ibu. Seorang ahli menilai, "Ayah tidak memiliki daya tarik sentimental yang sama seperti yang dimiliki ibu".

Pada tanggal 5 Juli 1908, gereja West Virginia mensponsori acara pertama bangsa tersebut secara eksplisit untuk menghormati para ayah. Dalam sebuah khotbah hari Minggu untuk mengenang 362 orang yang telah meninggal dalam ledakan di tambang Fairmont Coal Company di Monongah pada Desember. Namun, peringatan itu hanya dilakukan satu kali, dan bukan liburan tahunan.

Tahun berikutnya, seorang perempuan dari Spokane, Washington, bernama Sonora Smart Dodd, satu dari enam anak yang dibesarkan oleh seorang duda, mencoba untuk membuat sebuah upacara setara dengan Hari Ibu untuk ayahnya.

Dia pergi ke gereja-gereja lokal, YMCA, pemilik toko dan pejabat pemerintah untuk mendapatkan dukungan atas idenya, dan dia berhasil. Negara bagian Washington merayakan Hari Ayah pertama kali di seluruh negara bagian pada tanggal 19 Juni 1910.

Secara perlahan, sejak tahun 1916, Presiden Wilson menghormati Hari Ayah dengan menggunakan sinyal telegraf untuk mengibarkan sebuah bendera di Spokane saat dia menekan sebuah tombol di Washington, D.C. Pada tahun 1924, Presiden Calvin Coolidge mendesak pemerintah negara bagian untuk menghormati Hari Ayah.

Hari ini, hari menghormati ayah dirayakan di Amerika Serikat pada hari Minggu ketiga bulan Juni. Hari Ayah 2017 terjadi pada tanggal 18 Juni. Tahun berikutnya, Hari Ayah 2018 jatuh pada tanggal 17 Juni.

Di Indonesia sendiri, Hari Ayah diperingati setiap tanggal 12 November setiap tahunnya. Hari Ayah di Indonesia pertama kali dideklarasikan di Solo pada tahun 2006, di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Hari Ayah adalah hari untuk menghormati ayah. Biasanya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan.

Selain itu, Ayah adalah tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam sebuah rumah tangga. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-laki Internasional atau International Men’s Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap bulan 19 November. (History)


loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkannya.” (Al-Bukhari) #SuaraRamadhan
.
.
#haditsalbukhari #hadits #deretanhadits #hadits #alquran #manfaatmembaca #bacaalquran #faidah #instagram #suaradotcom

INFOGRAFIS