Alexa

Gugup saat Presentasi? Cegah dengan Trik ini

Angelina Donna

Seorang karyawan bisa saja kehilangan peluang dan kesempatan emas dalam karier hanya karena gugup pada saat presentasi

Suara.com - Sadarkah Anda bahwa kegugupan pada saat presentasi adalah hal yang sangat mengganggu. Bayangkan! Seorang karyawan bisa saja kehilangan peluang dan kesempatan emas dalam karier hanya karena gugup pada saat presentasi. Mulai dari peluang naik gaji, kedudukan, karier lebih baik, hingga omset yang besar.

Hampir di semua bidang pekerjaan, para manajer mendapat kesulitan menemukan kandidat baru untuk diarahkan ke jenjang yang lebih tinggi atau menggantikan posisinya, karena tim yang dimiliki kurang representatif saat berbicara didepan banyak orang walaupun berprestasi baik.

Mari kita membahas seputar masalah kegugupan secara umum dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Berusaha menghindar adalah tipe pertama dari kegugupan yang biasanya sering terjadi pada kebanyakan orang

Orang dengan tipe seperti ini, biasanya mulai gelisah dan berusaha menghindar ketika mendapatkan pemberitahuan bahwa dirinya akan diminta maju untuk bicara. Sekalipun diberitahukan jauh-jauh hari, biasanya mereka tetap gelisah dan ada pula yang karena sangat gelisah, maka menjadi sulit tidur.  Mereka memiliki banyak ketakutan dan menghabiskan hidupnya dengan banyak ketakutan dan kegelisahan. Pada kondisi yang lebih ekstrem, mereka bahkan menolak solusi untuk mengatasi kegugupannya sendiri.

Solusinya adalah:
•    Belajar memperluas pergaulan dan berkomunikasi dengan banyak tipe orang, karena akan membuatnya memiliki banyak pengalaman penting.
•    Belajar untuk lebih terbuka pada orang lain dan terhadap kelompok.
•    Kelompok kecil di luar pekerjaan adalah awal yang bagus untuk melatih cara bicara dengan nyaman.
•    Bukalah hati dan pikiran untuk mau menerima masukan dari orang yang lebih berpengalaman.
•    Bacalah buku-buku motivasi atau kisah-kisah sukses untuk membuat semakin percaya diri.
•    Sempatkan juga untuk menghadiri seminar-seminar motivasi.

2.  Tipe yang berikutnya adalah jenis orang yang memiliki tingkat kekhawatiran yang berlebihan

Orang dengan tipe ini biasanya terlalu repot untuk memperhatikan hal-hal kecil, dengan detail. Harapannya agar presentasi dapat berjalan dengan sangat sempurna. Energi yang dia habiskan terlalu banyak untuk persiapan, yang kadang tidak terlalu penting. Tipe ini takut terlihat buruk didepan orang lain, sehingga sebisa mungkin mempersiapkan hal-hal detail yang menurutnya penting. Namun justru karena itu, sering kali apa yang disampaikannya menjadi tidak menarik. Kekhawatirannya menyebabkan dia lupa dengan hal-hal yang esensi dalam presentasi, seperti komunikasi dengan audiens dan teknik penyampaian materi yang nyaman.

Solusinya adalah :
•    Belajar untuk lebih toleransi pada kesalahan-kesalahan kecil yang timbul.
•    Coba untuk mempersiapkan presentasi dengan lebih santai dan rileks, hal ini dapat dilakukan dengan memutar instrument-instrumen musik yang ringan.
•    Berdiskusilah dan minta pendapat orang untuk presentasi Anda.
•    Pelajari lebih dalam teknik-teknik presentasi yang lebih mementingkan pada aspek komunikasi dan teknik-teknik penyampaian.

3.  Kegugupan muncul sesaat tepat sebelum maju ke depan

Orang seperti ini biasanya menjadi sangat gugup sesaat sebelum bicara, atau ketika namanya dipanggil. Jantung mereka biasanya berdetak lebih kencang saat akan maju kedepan atau mendengar namanya dipanggil. Mereka biasanya juga cenderung panik saat akan tampil. Terkadang persiapan yang sungguh-sungguh membuat ketegangannya semakin memuncak menjelang detik-detik terakhir sebelum tampil untuk melakukan presentasi.

Solusinya adalah :
•    Belajarlah utnuk mengatur nafas beberapa kali sebelum kedepan. Anda bisa melakukan dengan menarik nafas panjang, tahan sebentar dan hembuskan selama mungkin.
•    Jagalah fokus tetap untuk memberikan yang terbaik bagi audiens. Selalu bayangkan bagaimana rasanya saat tampil dengan baik
•    Beberapa lompatan kecil, dan sedikit senam terkadang dapat membuat kita lebih segar dan tenang.

4. Gugup ketika ditengah-tengah presentasi sedang berjalan

Mereka seringkali menganggap remeh tugas yang diberikan. Mereka hanya yakin mengerti materi yang akan digunkan dan berangan-angan untuk melakukan improvisasi ditempat. Inilah yang menyebabkan gugup ditengah-tengah presentasi, karena mereka audiens menunggu-nunggu saat mereka kehabisan ide, atau beberapa bagian dari materi pokok.

Solusinya adalah :
•    Tegaslah dengan diri sendiri, untuk lebih rajin mempelajari materi dan melakukan latihan persiapan.
•    Fokuslah pada tujuan saat mempersiapkan presentasi.
•    Sediakan waktu khusus untuk persiapan, dan gunakan sebaik-baiknya.
•    Mintalah nasihat pada orang yang ahli, tanyakan apakah persiapan Anda sudah cukup.

Tips dan trik diatas sangat efektif apabila dijalankan secara berkelompok atau terorganisir oleh para manajer, secara aktif belajar dari buku serta mengikuti berbagai seminar atau workshop dengan tema yang berkaitan. Untuk dapat mengarahkan tim lebih detail, setiap manajer atau bagian kepegawaian dapat membuat survei berdasarkan point-point di atas.

Published by

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Jangan pernah lupakan ibumu karena surga ada di telapak kaki ibu 😇
.
Selamat malam #suaradotcom 💕
.
.
.
#quote #quotes #mother #motherdaughter #motherquotes #kutipan #katabijak #katasukses #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS