Alexa

Sering Pesta Alkohol Bisa Bikin Mahasiswa Sulit Raih Pekerjaan

Ririn Indriani | Risna Halidi
Sering Pesta Alkohol Bisa Bikin Mahasiswa Sulit Raih Pekerjaan
Ilustrasi muda mudi minum minuman beralkohol (Shutterstock).

Studi menemukan mahasiswa yang sering pesta alkohol berlebihan lebih sulit meraih pekerjaan.

Suara.com - Pesta alkohol kerap dianggap sebagai aktivitas yang ringan, menyenangkan dan lucu di antara para mahasiswa. Biasanya pesta tersebut dilakukan selama dua jam dengan persentase empat gelas minuman bagi perempuan dan lima gelas, atau lebih minuman beralkohol dalam waktu dua jam oleh laki-laki.

Namun, sebuah studi memberi peringatan bagi mahasiswa yang kerap melakukan kegitan ini dimana studi itu menyebutkan bahwa minum minuman keras enam kali dalam sebulan dapat menurunkan kemungkinan lulusan perguruan tinggi baru meraih pekerjaan hingga 10 persen.

Periset termasuk yang berasal dari Universitas Cornell di AS menemukan bahwa setiap episode pesta minum selama periode satu bulan mengurangi kemungkinan mencapai pekerjaan penuh waktu pada wisuda sebesar 1,4 persen.

"Cara minum mahasiswa tampaknya lebih berpengaruh daripada berapa banyak minuman mereka saat memikirkan kemungkinan mendapatkan pekerjaan setelah lulus," kata Peter Bamberger, profesor di Universitas Tel Aviv (TAU), Israel, dilansir Zeenews.

Periset menemukan bahwa pola minum yang lebih ringan tidak berdampak buruk pada hasil pencarian kerja di antara para lulusan. Tim tersebut mempelajari 827 individu yang lulus pada 2014, 2015, dan 2016 dari empat universitas di AS.

Studi itu juga menemukan bahwa seorang siswa yang minum minuman keras empat kali dalam sebulan memiliki probabilitas enam persen lebih rendah untuk mendapatkan pekerjaan daripada seorang siswa yang tidak memiliki kebiasaan minum yang sama. "Murid-murid yang minum dengan berat enam kali sebulan meningkatkan probabilitas pengangguran mereka menjadi 10 persen," kata Bamberger.

Penelitian ini sendiri telah dipublikasikan dalam Journal of Applied Psychology.


loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Suara.com turut berduka cita atas meninggalnya Chairul Huda kapten dari Persela #Didyouknow
.
.
#tahukahkamu #bola #pertandinganbola #persela #kiper #berbenturan #ramonrodrigues #marcelsacramento #meninggaldunia #meninggal #tewas #lapanganbola #intsagram #suaradotcom

INFOGRAFIS