Alexa

Menkes Minta Calon Jemaah Haji Waspada MERS

Pebriansyah Ariefana | Erick Tanjung
Coronavirus, penyebab MERS (Shutterstock).
Coronavirus, penyebab MERS (Shutterstock).

Tapi tidak sampai masuk ke Mekkah.

Suara.com - Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek mengungkapkan selain cuaca ekstrim dengan iklim yang sangat panas, ancaman yang diwaspadai jamaah haji pada masim ibadah haji nanti adalah virus MERS.

Dirinya mewakili Pemerintah telah bertemu Menteri Kesehatan Arab Saudi beberapa waktu lalu untuk membicarakan antisipasi wabah penyakit tersebut.

"(resiko bagi jamaah haji) ada virus MERS, tapi meningitis‎ ada vaksin. Untuk virus MERS, Menkes di sana menyadari dan mereka melakukan berbagai upaya pencegahan. Jadi mereka tahu jangan sampai virus ini kena ke jemaah haji. Hal itu kami bicarakan waktu ke Arab Saudi," kata Nila kepada wartawan di kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jakarta, Rabu (18/5/2016).

Dia mengungkapkan, kasus virus MERS ini pernah ‎ada warga di Riyadh tahun lalu. Namun tidak sampai menyebar ke wilayah Mekkah, tempat jamaah haji beribadah.

"Tapi tidak sampai masuk ke Mekkah," ujar dia.

Oleh sebab itu, Pemerintah juga melakukan antisipasi pencegahan supaya jamaah haji ‎asal Indonesia tidak terkena virus tersebut saat musim haji nanti. Salah satu antisipasinya, Pemerintah telah menyiapkan tenaga kesehatan yang mengikuti jamaah saat melakukan ibadah haji.

"Saat ini udah disiapkan tenaga kesehatan haji yang di kloter dan juga di BPHI. Tenaga kloter itu yang ikuti jemaah terus, sebagian menetap di klinik, tetapi secara aktif jemput bola. Setiap pergerakan (proses ibadah jamaah) itu nanti akan dilacak jemaah-jemaah yang beresiko," terang Muchtaruddin Mansyur, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan dalam kesempatan yang sama.

Dia menambahkan, bagi jemaah yang beresiko akan diberi gelang sebagai tanda.


loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Teruskan Kerja Nyata dengan Kerja Bersama! Dirgahayu Indonesia-ku.. #Indonesia72Tahun
.
.
#DirgahayuIndonesi #17Agustus #IndonesiaKerjaBersama #KerjaBersama #17Agustusan #suaradotcom

INFOGRAFIS