Alexa

Ahmadiyah Indonesia Buka Rekening Donasi untuk Gempa Aceh

Pebriansyah Ariefana
Ahmadiyah Indonesia Buka Rekening Donasi untuk Gempa Aceh
Warga melaksanakan salat Jumat di halaman Masjid Jamik Quba, Pidie Jaya, Aceh, Jumat (9/12). (Antara)

Rekening dibuka atas nama Humanity First Indonesia.

Suara.com - Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) membuka rekening donasi untuk menyalurkan dana korban gempa di Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Rekening dibuka atas  nama Humanity First Indonesia.

Juru Bicara Ahmadiyah Indonesia Yendra Budiana menjelaskan pembukaan rekening donasi ini sebagai esensi wujud nyata ajaran agama tentang kepedulian pada kemanusiaan dan kebermanfaatan pada semua makhluk Tuhan.

"Jemaat Muslim Ahmadiyah Indonesia melalui salah satu sayap organisasinya, Humanity First Indonesia menurunkan tim relawan kemanusiaan yang terdiri dari tim tenaga medis untuk melakukan pelayanan kesehatan kepada  korban gempa  dan  memberikan akses air bersih mulai Minggu, 11 Desember 2016 dan akan bekerja minimal dalam 1 (satu) bulan ke depan," kata dia, Minggu (11/12/2016) malam.

Rekening yang dibuka di antaranya:

HUMANITY FIRST INDONESIA

Bank Mandiri KC Plaza Mandiri Jakarta

Rekening No. : 070 000 4366 618

Sebelumnya, Pos Komando (posko) Utama Tanggap Darurat Bencana Gempa Aceh terus menerima bantuan dari para donatur. Hari kelima pascagempa, pos logistik menerima bantuan kemanusiaan beragam jenis mulai permakanan, air kemasan, tikar, selimut, pakaian, kelambu, dan sebagainya.

Posko menyiapkan 4 gudang logistik yang berlokasi di ruko dan gudang Bulog di Pidie Jaya. Bantuan logistik berasal dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dunia usaha, kelompok masyarakat maupun individu. Mekanisme distribusi logistik bantuan dilakukan dengan instruksi pos logistik di Posko Utama yang saat ini berlokasi di Kantor Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), samping rumah dinas Wakil Bupati Pidie Jaya. Barang bantuan akan didistribusikan langsung kepada keluarga (KK) terdampak di wilayah gampong yang membutuhkan berdasarkan laporan yang masuk.

Jnis bantuan yang masih diharapkan oleh masyarakat yang mengungsi berupa tenda keluarga, tikar, selimut dan kelambu. Tampak di lokasi terdampak, masyarakat biasanya mengungsi tidak jauh dari tempat tinggal mereka.

Selain menerima bantuan logistik berupa barang, posko utama juga menerima bantuan berupa uang. Berdasarkan data posko hingga 10 Desember 2016 malam, bantuan dana yang masuk bagi para korban sejumlah Rp 886 juta.

Sementara itu, BNPB telah mengirimkan bantuan logistik pada hari ketiga pascagempa. Jenis bantuan logistik yang telah diberikan kepada posko berupa genset besar dan kecil, velbed, makanan siap saji, lauk pauk, makanan tambahan gizi, peralatan dapur, selimut, tikar, tenda gulung, kantong mayat, dan peralatan CBT. Total nilai bantuan logistik dari BNPB senilai Rp 3,5 milyar.

Dalam tanggap darurat ini, posko menerima bantuan dari ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance (AHA Centre) berupa peralatan dapur, tenda keluarga, hygiene kit, family kit dan shelter repair kit. Bantuan telah ditempatkan di Gudang Bulog pada hari ini. Pemberian bantuan ini merupakan perwujudan dari semangat ‘One ASEAN One Response’ terhadap negara yang terdampak bencana di kawasan ASEAN.


loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Suara.com turut berduka cita atas meninggalnya Chairul Huda kapten dari Persela #Didyouknow
.
.
#tahukahkamu #bola #pertandinganbola #persela #kiper #berbenturan #ramonrodrigues #marcelsacramento #meninggaldunia #meninggal #tewas #lapanganbola #intsagram #suaradotcom

INFOGRAFIS