Alexa

Cerita Bocah Abil Bikin Berkaca-kaca, Cari Duit Usai Sekolah

Siswanto | Welly Hidayat
Abil [Instagram Lambe Turah]
Abil [Instagram Lambe Turah]

Awalnya, Abil jualan untuk membantu meringankan beban orangtua.

Suara.com - Nama lengkap anak yang membikin trenyuh itu Abil Alifudin (13). Bocah lelaki ini jadi sorotan setelah fotonya viral di media sosial. Foto tersebut memperlihatkan Abil mengenakan seragam Pramuka duduk bersila dengan tangan terkepal, dia tengah menunggu dagangan laku sampai ketiduran dengan mulut terbuka.

Abil masih duduk di kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 09, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Wartawan Suara.com menjumpai Abil di sekolahnya. Dia bercerita tentang kesehariannya. Dia jualan di luar jam sekolah. Biasanya dia jualan di sekitar kampus Universitas Indrapersada, Rancho, Jalan Nangka nomor 58 C, Tanjung Barat.

Awalnya, Abil jualan untuk membantu meringankan beban orangtua.

"Ya, sudah setahun ini jualan. Ya Abil nawari aja pas ada warung di depan kampus. Mau bantu jualin apa aja biar bisa jajan. Ya sama yang punya warung terus boleh Abil jualin," kata Abil kepada Suara.com di Sekolah Dasar Negeri 09.

Barang yang dijual Abil, antara lain berbagai jenis makanan ringan dan tissue.

"Abil, jual tissue, sama makanan kecil ada kripik - kripik bang. saya ngambil jualan dulu. Terus saya setorin. Dari warung harganya Rp2 ribu, Abil jual Rp3 ribu. Alhamdulillah boleh Abil jual bang," ujar Abil.

Dengan polos, Abil menceritakan berapa hasil jualan setiap hari. Sehari, kata dia, bisa menghasilkan Rp50 ribu sampai Rp100ribu.

"Itu juga, ada yang beli kembalinya nggak usah dipulangin. Buat Abil kebanyakan gitu bang. Alhamdulillah buat bantu ayah sama ibu dirumah," kata Abil.

Hasil penjualan tentu sebagian dia sisihkan untuk membantu orangtuanya.

"Iya sering. kasih Ibu hasil jualan, kadang Rp50 ribu. Buat makan di rumah sama keluarga Abil," ujar anak keempat dari lima bersaudara.

Abil sebenarnya sudah dilarang jualan oleh orangtua karena bisa mengganggu sekolah. Tapi, Abil sadar dia harus ikut membantu keluarga yang hidupnya pas-pasan.

"Kalau sama ayah sama ibu larang jualan. Tapi pengin bisa punya uang sendiri Abil bang. Kalau dulu dikasih uang jajan Rp5 ribu. Kasihan ayah, kalau minta ayah kan lagi sakit. Nggak mau bebanin ayah. Jadi aku jualan bang," kata Abil.

Biasanya, Abil jualan selepas jam pulang sekolah. Dia sekolah dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB.

"Pulang sekolah langsung jualan. Jam 12.30 WIB sampai pukul 15.00 WIB jualan," ujar Abil.

Dia jualan sampai sore, kadang sampai malam hari.

"Ya, malam, jualan lagi bang sampai jam 22.00 WIB. Sempat Abil ada uang sisa buat main warnet bang, yang penting udah ada ngasih buat ibu kan," ujar Abil.

Itu sebabnya, karena sering begadang sampai malam, dia terkadang ketiduran saat jualan. Seperti foto yang viral di media sosial itu.

Abil tetap tabah, meskipun terkadang dia diejek teman-temannya.

"Iya lagi belajar Abil juga pernah diledekin. 'Abil kamu jualan ya' nggak malu bil'. Ya gitu bang. Ya, Abil sempet kesel pengen berantemin. Tapi Abil diam aja. Sabar aja jadinya. Ntar juga ada yang balas," ujar Abil.

Guru Abil dapat memahami Abil. Guru mengapresiasi Abil yang bersedia membantu keluarga usai pulang sekolah.

"Ya, wali kelas Abil tahu jualan. Ya Abil bilang kan buat jajan Abil sama bantu orangtua di rumah. Ya guru nggak ngelarang kok. Kan Alhamdulillah halal yang Abil jual," ujar Abil.


loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Mari tetap hargai perbedaan agar kita tidak terpecah belah. Setuju dengan Kang Emil! 😎 #KutipanSuaradotcom
.
.
#KutipanBijak #KutipanSukses #KataBijak #MotivasiSukses #Inspirasi #Motivasi #QuoteBijak #KutipanCinta #QuoteOfTheDay #Quotes #Suaradotcom