Alexa

Megawati Ingin Pensiun, Kader PDI Perjuangan: Harus Soft Landing

Adhitya Himawan | Bagus Santosa
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri makan siang di Istana Merdeka, Jakarta [Biro Pers]
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri makan siang di Istana Merdeka, Jakarta [Biro Pers]

?TB Hasanuddin menyadari sebuah organisasi perlu adanya regenerasi yang baik.

Suara.com - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Jawa Barat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ‎TB Hasanuddin menyadari sebuah organisasi perlu adanya regenerasi yang baik.

Hal itu menanggapi keinginan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk segera pensiun dari jabatannya sebagai pimpinan partai berlambang banteng itu. ‎‎

"Statement Ibu Mega itu dalam konteks tugas sikap legowo untuk menyampaikan tongkat kepemimpinan dan itu karakter pemimpin yang baik," kata Hasanuddin di DPR, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Dia pun menyadari peralihan kepimpinan ini tidak mudah. Karenanya, perlu persiapan secara khusus yang terbuka supaya pergantian ini bisa menyatukan semua pihak.‎

"Saya kira itu harus ada soft landing. Iya tetap dibutuhkan kaderisasi tetapi juga dibutuhkan ketokohan komplilasi. Kedua itulah itu membutuhkan struktur yang baik. Sehingga kompilasi, kaderisasi muda dan generasi lama, bisa menyatu semua," kata Hasanuddin.

Wakil Ketua Komisi I DPR ini menambahkan, sosok Soekarno menjadi hal yang penting untuk PDI Perjuangan. Sebab, kata dia, PDI Perjuangan secara historis dan ideologis memiliki kedekatan dengan trah Soekarno.

"Kalau menurut hemat saya, bagaimanapun trah Soekarno di PDI Perjuangan memgang peran secara historis dan idelogis, jangan dilupakan," tutur dia.

Perlu diketahui, Megawati menyampaikan keinginan pensiunnya ketika menghadiri acara peresmian kantor DPP Banteng Muda Indonesia di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017).

"Saya sendiri suka berkata pada diri saya, mereka itu kok nggak kapok-kapokya, sebetulnya sudah dari tahun lalu sudah bikin pensiun. Karena tidak mudah apalagi seorang wanita menjadi ketua umum partai di Republik ini," ujar Megawati.

Megawati mengungkapkan ada kader yang yang mempertanyakan kenapa Megawati selalu menjadi calon tunggal ketua umum PDI Perjuangan.

Megawati memaparkan proses pemilihan ketua umum PDI Perjuangan dimulai dari suara kader paling bawah, kemudian dikerucutkan ke anak ranting, pengurus anak cabang, dewan pimpinan cabang, dan sampai ke daerah.

Megawati menegaskan proses pemilihan ketua umum selama ini tidak menggunakan money politic.


loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Jangan pernah lupakan ibumu karena surga ada di telapak kaki ibu 😇
.
Selamat malam #suaradotcom 💕
.
.
.
#quote #quotes #mother #motherdaughter #motherquotes #kutipan #katabijak #katasukses #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS