Alexa

10 Fakta Menarik Balapan MotoGP Amerika Serikat

Rizki Nurmansyah
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, merayakan keberhasilan meraih podium pertama pada MotoGP Amerika Serikat di Circuit of the Americas, Austin, Texas, (10/4/2016). [AFP/Thomas B. Shea]
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, merayakan keberhasilan meraih podium pertama pada MotoGP Amerika Serikat di Circuit of the Americas, Austin, Texas, (10/4/2016). [AFP/Thomas B. Shea]

Marquez belum terkalahkan di Austin sejak 2013.

Suara.com - Setelah rehat dua pekan, kini para pebalap MotoGP bersiap kembali beraksi di lintasan. Kali ini, balapan seri ketiga MotoGP akan digelar di Circuit of the Americas, Austin, Texas, Amerika Serikat, Minggu (23/4/2017).

Sirkuit ini bisa dibilang menjadi 'kepunyaan' juara bertahan MotoGP, Marc Marquez. Betapa tidak, sejak menggelar balapan MotoGP pada tahun 2013, Marquez belum sekalipun terkalahkan di lintasan sepanjang 5,513 km ini.

Berikut 10 fakta menarik tentang balapan MotoGP Amerika Serikat.

1. Total, Amerika Serikat sudah 29 kali menjadi tuan rumah Grand Prix balap MotoGP: Daytona (2 kali), Laguna Seca (15), Indianapolis (8), dan Austin (4).

2. Marc Marquez tercatat delapan kali memenangi balapan MotoGP AS: 4 kali di Austin (2013-2016), 3 di Indianapolis (2013-2015), dan sekali di Laguna Seca tahun 2013.

3. Dari delapan trofi yang diraih Marquez pada MotoGP AS, dia hanya sekali gagal meraih pole position, yakni di Laguna Seca tahun 2013, start dari posisi kedua di belakang Stefan Bradl.

4. Hanya empat pebalap, yang kini masih aktif, yang pernah menjuarai MotoGP AS. Mereka adalah Valentino Rossi (Movistar Yamaha), Dani Pedrosa (Repsol Honda), Jorge Lorenzo (Ducati), dan Marc Marquez (Repsol Honda).

5. Tim Ducati tercatat tiga kali berturut-turut menempatkan pebalapnya di podium pada balapan MotoGP AS: Andrea Dovizioso finis ketiga di 2014 dan kedua di 2015; Andrea Iannone finis ketiga tahun lalu.

6. Prestasi terbaik Yamaha di Austin sejauh ini adalah finis kedua. Prestasi itu dicetak Lorenzo tahun lalu.

7. Maverick Vinales finis keempat di Austin tahun lalu, satu tingkat di atas rekan setimnya di Suzuki kala itu, Aleix Espargaro. Hasil ini merupakan yang pertama bagi Suzuki, dimana kedua pebalapnya masuk lima besar setelah MotoGP San Marino tahun 2007.

8. Para pemenang kelas Moto2 di Austin dalam tiga tahun terakhir kini berkompetisi di kelas MotoGP. Mereka adalah Alex Rins (Suzuki), Sam Lowes (Aprilia), dan Vinales (Maverick Yamaha).

9. Tiga pebalap yang naik podium di kelas Moto2 di Austin tahun lalu, kini semuanya telah naik ke kelas MotoGP di tahun 2017: Rins, Lowes, Johann Zarco.

10. Prestasi terbaik Rossi di Austin ini adalah menempati podium ketiga, tahun 2015 di belakang Marquez dan Dovizioso.


loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Jangan pernah lupakan ibumu karena surga ada di telapak kaki ibu 😇
.
Selamat malam #suaradotcom 💕
.
.
.
#quote #quotes #mother #motherdaughter #motherquotes #kutipan #katabijak #katasukses #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS