Alexa
Suara.Com

Berita Terpopuler 19 Juni 2017: Jet Rizieq Hingga Ahok Pindah LP

Adhitya Himawan
[Instagram/@basuki_btp_lovers]
[Instagram/@basuki_btp_lovers]

Berita paling populer kemarin adalah mengenai kepindahan Ahok dari penjara di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat sebelum lebaran.

Suara.com - Pemberitaan terpopuler Suara.com pada Senin (19/6/2017) masih diwarnai kontroversi keberadaan Rizieq Shihab di Arab Saudi. Namun berita paling populer kemarin adalah mengenai kepindahan Ahok dari penjara di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat sebelum lebaran.

Berikut 5 berita terpopuler kemarin :

1. Ahok Akan Pindah Penjara Sebelum Lebaran

Kejaksaan Negeri Jakarta Utara telah menerima surat penetapan pencabutan banding kasus penodaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Vonis 2 tahun penjara yang dijathkan ke mantan gubernur DKI telah berkekuatan hukum tetap atau inkracht.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Dicky Oktavia mengatakan surat telah diterima Kejari tadi siang. Dalam waktu dekat, Ahok akan dieksekusi ke lembaga pemasyarakatan. Kata Dicky, Ahok bisa dipindahkan ke LP Cipinang, Jakarta Timur atau LP Salemba, Jakarta Pusat.

Dicky memastikan pemindahan Ahok dari Rumah Tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, akan dilakukan pekan ini atau sebelum Lebaran.

Saat ini Kejari telah menyiapkan surat eksekusi pemindahan Ahok. Surat tersebut akan berisi pilihan tujuan penjara Ahok, Cipinang atau Salemba.

2. Jet Pribadi Buat Rizieq, Kapolda: Pengacara Ngomong Apa Saja Bisa

Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan tidak terpengaruh dengan pernyataan pengacara pimpinan FPI Habib Rizieq Shibab yang menyebutkan ada konglomerat Arab Saudi yang menyediakan jet pribadi buat Rizieq.

Iriawan menekankan tidak heran lagi dengan pernyataan pengacara Rizieq. Menurutnya, banyak fakta pembicaraan pengacara Rizieq tidak sesuai dengan fakta.

Iriawan mengimbau Rizieq secepatnya pulang ke Indonesia dan mengikuti proses hukum kasus dugaan pornografi. Dalam kasus ini, Rizieq sudah ditetapkan menjadi tersangka. Sebelum itu, dalam kasus yang sama, polisi menetapkan Firza Husein menjadi tersangka.

Informasi Rizieq mendapatkan fasilitas jet pribadi disampaikan oleh pengacara Rizieq, Kapitra Ampera, Minggu (18/6/2017).

Kapitra tak menyebutkan siapa nama konglomerat yang menyediakan angkutan udara tersebut. Dia hanya menyebutnya konglomerat asal Saudi.

3. Rizieq: Pilihan di Hadapan Pemerintah, Rekonsiliasi atau Revolusi

Pimpinan Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab berkali-kali mengapresiasi Yusril Ihza Mahendra yang dianggapnya telah memberikan kontribusi besar. Salah satu kontribusi Yusril yaitu mengusulkan rekonsiliasi antara ulama dan umaro atau pemerintah atas masalah hukum yang sekarang menimpa Rizieq dan sejumlah tokoh.

Rizieq kemudian tak dapat menutupi kekecewaannya karena permohonan untuk dialog tersebut tak dipenuhi pemerintah. Kendati demikian, dia dan tokoh-tokoh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI tak putus asa.

4. Kecewa Digaji ISIS Rp600 Ribu di Suriah, SM Pulang ke Indonesia

Dua terduga teroris yang dibekuk Detasemen Khusus 88 Antiteror (Densus 88) di wilayah Jawa Timur, Senin (19/6/2017), diklaim pernah ikut berperang dengan gerombolan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah.

Kedua terduga teroris yang dimaksud ialah SM dan ATM. SM dibekuk terlebih dulu di Kota Malang, Senin sekitar pukul 7.30 WIB.

Sementara ATM ditangkap di rumah indekosnya, Tanah Merah II, Tanah Kalikedinding, Kenjeran, Surabaya, sekitar pukul 12.00 WIB.

Menurut informasi yang didapat Kapolres Malang Ajun Komisaris Besar Yade Setiawan Ujung, Senin (19/6/2017), SM misalnya, pernah bertempur dengan ISIS di Suriah. Dia baru kembali ke Indonesia tahun 2014.

Yade menuturkan, motif SM berperang ke Suriah sebenarnya bukan sekadar ideologi melainkan keuntungan ekonomis.

SM berangkat ke Suriah karena dijanjikan oleh ISIS mendapat gaji bulanan senilai jutaan rupiah. Tapi, bukan ISIS namanya kalau tidak menggunakan “akal-akalan” untuk menghasut orang berperang.

Rizieq menekankan pentingnya Yusril maupun rokoh-tokoh yang lain untuk membuat format rekonsiliasi yang tepat.

Rizieq menegaskan jika upaya musyawarah yang diajukan tersebut tetap ditolak umaro, dia menyerukan perlawanan. Rizieq menekankan sekarang ini bola ada di tangan pemerintah.

5. Kapolri Ungkap Temuan Baru Kasus Penyerangan Novel

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan penyelidikan kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan sudah mengalami kemajuan pesat. Tim penyidik, katanya, baru saja menemukan saksi fakta yang mengetahui ciri-ciri orang yang diduga menyerang Novel.

Sebelumnya Tito menyatakan bahwa Polri sudah berkomunikasi dengan pimpinan KPK. Intinya tim menyampaikan bahwa sudah memeriksa 56 saksi dan ada progress penting bahwa ada saksi yang Polri anggap melihat saat kejadian.

Tito mengatakan saksi fakta tersebut akan sangat membantu Polri melacak pelaku.

Lebih jauh, Tito menyampaikan sejumlah cara yang dilakukan penyidik untuk melacak pelaku. Di antaranya, mempertemukan saksi dengan orang-orang yang dicurigai pelaku.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengapresiasi kinerja tim Polri. Dia berharap polisi segera mengungkap pelaku dan dalangnya.


loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Dengan kerendahan hati, kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon maaf lahir dan batin 😊🙏
.
.
.
.
#lebaran #idulfitri #muslim #muslimquotes #minalaidin #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS