Alexa

Jokowi dan Iriana akan Hadiri Karnaval Kemerdekaan di Bandung

Adhitya Himawan | Erick Tanjung
Jokowi dan Iriana akan Hadiri Karnaval Kemerdekaan di Bandung
Presiden Joko Widodo bersepeda dari Istana Merdeka ke Lapangan Park & Ride, Jalan MH Thamrin No 10, Jakarta Pusat, Minggu (20/8/2017). [Biro Pers Istana Kepresidenan]

Karnaval ini merupakan puncak peringatan bulan Kemerdekaan.

Suara.com - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan menghadiri Karnaval Kemerdekaan di Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu (26/8/2017) mendatang. Karnaval ini merupakan puncak peringatan bulan Kemerdekaan.

Nantinya, Jokowi dan Iriana ikut berpartisipasi dalam karnaval dengan menaiki mobil hias dalam arak-arakan.

"Bapak Presiden dan Ibu Negara akan ikut berpartisipasi sebagai peserta karnaval dengan menaiki mobil hias Kereta Pancasila yang menyiramkan makna budaya kerja dan gotong royong dalam laku budaya berupa kebersamaan," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam konfrensi pers di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (22/8/2017).

Dia menyampaikan, Karnaval Kemerdekaan menjadi tradisi yang dimulai sejak 2015 sebagai acara penutup puncak perayaan kemerdekaan Indonesia. Karnaval kali ini akan diikuti sebanyak 1.115 peserta dari berbagai latar belakang, mulai seniman serta berbagai komunitas anak muda di Jawa Barat.

"Serta juga ada perwakilan budaya dari 12 Provinsi yang berkolaborasi dan bekerjasama untuk menghadirkan pesta rakyat yang meriah," terang dia.

Dia menambahkan, pesta rakyat yang menampilkan pawai budaya nusantara tersebut merupakan representasi‎ dari keragaman suku dan budaya di Indonesia dengan semangat kebersamaan untuk mengisi kemerdekaan. Sementara itu, Kota Bandung dipilih untuk karnaval kemerdekaan karena dikenal sebagai kota kreatif dan budaya.

"Pemilihan Bandung sebagai tempat penyelenggaraan akan semakin menguatkan posisi Bandung sebagai pusat industri kreatif dan destinasi karnaval berkelas dunia," tutur dia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Nasional Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017, Premita Fifi mengatakan bahwa karnaval kemerdekaan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena panitia nasional hanya menjadi fasilitator. ‎Sedangkan konten dan pelaksanaan karnaval sepenuhnya menjadi kewenangan tuan rumah yang dimotori oleh para budayawan dan insan kreatif kota Bandung.

Rangkaian kegiatan karnaval di mulai pukul 8 pagi dengan panjang lintasan 2,2 KM. Jalur karnaval membentang dari Gedung Sate sampai Balai Kota Bandung.

Kegiatan karnaval akan diramaikan dengan tampilnya rombongan Rebana‎ dari pondok pesantren Nurul Iman, Keraton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kuda Renggong Sumedang, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, Kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan budaya dari 12 provinsi di Indonesia," kata dia.

‎Selain itu juga melibatkan berbagai komunitas anak muda dan komunitas budaya di Bandung, seperti Paguyuban Sepeda Baheula, Komunitas Historia Van Bandung, Pemain Engrang Jack Obin, Mojang Lenjang, dan Jajaka Gandang Parahyangan, Atlet Sepatu Roda, dan komunitas Cosplay.


loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

BESOK!! Yuk nonton Steven Jam di kantor Suaradotcom, catat tanggalnya ya jangan sampai lupa! Buat kamu yang di sekitaran Jakarta Selatan bisa merapat ke kantor redaksi kami ☺️
.
Sstt.. Kita juga bakal live dari Facebook dan Instagram lho!
.
.
.
.
#stevenjam
 #kawanansj #komunitasreggae #acoustic #reggaejakarta #reggae #southjakarta #livemusic #livestreaming #music #selebonloc #suaradotcom

INFOGRAFIS