Alexa

Knalpot Mobil Diesel Semburkan Lebih Banyak Racun Ketimbang Bus

Liberty Jemadu
Ilustrasi sebuah mobil berbahan bakar diesel sedang mengisi bahan bakar (Shutterstock).
Ilustrasi sebuah mobil berbahan bakar diesel sedang mengisi bahan bakar (Shutterstock).

NOx sendiri adalah jenis racun yang menjadi salah satu penyebab ribuan kematian dini di Eropa.

Suara.com - Mobil-mobil penumpang bermesin diesel modern memproduksi racun 10 kali lebih banyak ketimbang truk dan bus, demikian hasil riset yang digelar di Eropa seperti dilansir oleh The Guardian, Jumat (6/1/2016).

Laporan hasil riset International Council on Clean Transportation (ICCT) menunjukkan bahwa truk dan bus yang diuji di Jerman serta Finlandia memproduksi sektiar 210 miligram nitrogen oksida (NOx) per kilometer, sementara mobil penumpang diesel terbaru bisa menyemburkan NOx 500mg/km.

Tetapi perlu diingat bahwa mobil-mobil penumpang diesel modern, yang telah sesuai dengan standar Euro 6 itu, mesinnya jauh lebih kecil dan membakar bahan bakar lebih sedikit dari truk atau bus. Meski demikian, NOx yang mereka produksi masih lebih besar.

NOx sendiri adalah jenis racun yang menjadi salah satu penyebab ribuan kematian dini di Eropa.

Menurut ICCT perbedaan yang jomplang itu bisa terjadi karena Eropa menerapkan standar ketat pada kendaraan besar, tetapi peraturan dan kontrol yang sama tak diterapkan pada mobil penumpang kecil.

Masalah ini mulai disorot pada 2015, ketika produsen mobil Jerman, Volkswagen diketahui berbohong tentang hasil uji emisi mobil-mobil bermesin dieselnya.

VW diketahui memasang peranti lunak khusus pada mobil-mobilnya yang bisa mengelabui hasil tes emisi di laboratorium. Ketika peranti itu dimatikan dalam tes di jalanan, diketahui bahwa NOx yang dihasilkan mobil-mobil VW 40 kali lipat lebih besar dari uji coba di laboratorium.

Akibat ulahnya itu VW digugat dan dikenai sanksi oleh sejumlah negara, mulai dari Eropa, Amerika, hingga Asia.


loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Banjarmasin dilanda kerusuhan massal, menyusul kampanye Golkar pada hari terakhir putaran kampanye PPP menjelang pemilu 1997, ratusan orang tewas #TodayInHistory
.
.
.
.
#history #sejarah #banjarmasin #kalimantanselatan #jumatkelabu #mayday #election #pemilihanumum #pemilu #kerusuhan #indonesia #ppp #partaigolkar #likesforlikes #suaradotcom