Alexa

Karena Takata, Toyota, Mazda, BMW, dan Subaru Bayar Rp7 Triliun

Liberty Jemadu | Insan Akbar Krisnamusi
Ilustrasi: Airbag. (Shutterstock)
Ilustrasi: Airbag. (Shutterstock)

Toyota membayar paling besar.

Suara.com - Toyota, Mazda, BMW, dan Subaru menyetujui ganti rugi dengan total nilai 533 juta dollar AS atau Rp7,09 triliun dalam gugatan kelompok (class action) di Amerika Serikat. Ganti rugi diserahkan untuk membayar kerugian material konsumen akibat recall besar-besaran yang disebabkan airbag Takata yang dipakai di mobil-mobil pabrikan tersebut.

Permasalahan airbag Takata ini adalah recall terbesar sepanjang sejarah industri otomotif dunia. Pasalnya, masalah pada airbag Takata telah menyebabkan 16 kematian dan 180 korban cedera di berbagai belahan dunia.

Sekitar 100 juta unit mobil sudah ditarik secara global oleh 19 pabrikan terbesar sejagad karena potensi masalah pada airbag Takata.

Ganti rugi itu, seperti diberitakan Automotive News pada Kamis (18/5/2017), akan digunakan untuk menutupi kehilangan material konsumen-konsumen keempat pabrikan di 'Negeri Paman Sam'. Dana akan digunakan untuk hal-hal seperti program menjangkau konsumen yang belum mengikuti kampanye recall, penyewaan mobil bagi konsumen yang membutuhkan, atau kompensasi dalam besaran tertentu kepada konsumen.

Program menjangkau konsumen dilaksanakan agar jumlah orang yang berpartisipasi dalam kampanye recall meningkat tajam. Sementara, penyewaan kendaraan dilakukan bagi konsumen yang harus menaruh mobilnya di bengkel karena suku cadang pengganti.

Kompensasi dalam bentuk uang sendiri harus diajukan oleh sang konsumen dan diseleksi oleh administrator khusus. Administrator itu akan menentukan siapa yang layak mendapatkan ganti rugi uang dan berapa jumlahnya.

Dari keempat pabrikan di atas, Toyota menjadi pihak yang harus membayar ganti rugi paling besar yakni 278,5 juta dollar AS (Rp3,70 triliun). BMW berada di belakang Toyota dengan jumlah ganti rugi 131 juta dollar AS (Rp1,74 triliun).

Mazda, di sisi lain, mesti membayar 76 juta dollar AS (1,01 triliun). Adapun Subaru harus menyediakan 68 juta dollar AS (Rp905,7 miliar). Saat ini, perjanjian ganti rugi itu tinggal menunggu diteken oleh Pengadilan Distrik California Selatan.


loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Banjarmasin dilanda kerusuhan massal, menyusul kampanye Golkar pada hari terakhir putaran kampanye PPP menjelang pemilu 1997, ratusan orang tewas #TodayInHistory
.
.
.
.
#history #sejarah #banjarmasin #kalimantanselatan #jumatkelabu #mayday #election #pemilihanumum #pemilu #kerusuhan #indonesia #ppp #partaigolkar #likesforlikes #suaradotcom