Alexa

Tips Berkendara Malam Jarak Jauh

Fabiola Febrinastri
Yamaha All New R15. (Sumber: PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing)
Yamaha All New R15. (Sumber: PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing)

Seluruh bagian penting kendaraan harus mendapat perhatian utama.

Suara.com - Berkendara malam dalam perjalanan jarak jauh kadang tidak bisa dihindari, terutama di saat Anda tengah mengejar waktu untuk sampai di tujuan.  Namun pada saat lelah, Anda disarankan untuk beristirahat dan melanjutkan perjalanan saat kondisi fit kembali.

Saat berkendara malam, Anda disarankan untuk bersama teman.  Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa penat, karena ada teman berbicara, sekaligus bisa menjadi penolong saat Anda menghadapi emergency di jalan.

Namun bila perjalanan ini harus Anda lakukan sendiri, sebaiknya:
1.    Periksa seluruh kondisi kendaraan sebelum berangkat
Sebelum berangkat, sebaiknya Anda periksa semua bagian penting kendaraan. Cek lampu, tangki bensin sebaiknya telah terisi penuh, tak ada kendala dalam starter kendaraan, rem berfungsi baik, dan ban dalam kondisi prima.

2.    Jangan membawa barang berlebihan
Bawa barang seperlunya saja, yang kemudian diletakkan dalam tas. Tak perlu membawa banyak barang dan ditempatkan di belakang Anda atau sekitar kaki Anda, karena hal ini akan mengundang kejahatan.

3.    Pakai jaket berwarna terang
Jaket yang direkomendasikan adalah jenis yang mampu merefleksikan cahaya, sehingga Anda bisa terlihat oleh pengendara lain.

4.    Lewat rute yang biasa dilewati
Jangan memilih rute yang sepi, karena pertimbangan bisa lebih cepat sampai ke tujuan. Sebaiknya Anda memilih jalan yang biasa dilewati, karena selain banyak pengguna jalan yang lain, Anda pun dapat lebih mudah menemukan fasilitas-fasilitas yang diperlukan.

5.    Pastikan lampu motor berfungsi dengan baik
Inilah hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan. Semua lampu pada motor sebaiknya berfungsi dengan baik, seperti lampu utama, lampu sein, dan lampu rem. Sebelum berangkat, lakukan pengecekan secara seksama agar Anda aman dan nyaman dalam perjalanan.

Saat berkendara, pakailah lampu standar sehingga tidak membuat silau pengendara lain. Di saat kondisi jalan sepi, gunakan lampu jauh untuk membuat pandangan lebih jelas. Lampu hazard sebaiknya juga tersedia di motor Anda untuk keperluan emergency di perjalanan.

Paduan Fungsi dan Estetika Jadi Pilihan
Aktivitas berkendara memang terasa aman dan nyaman, jika seluruh komponen kendaraan berfungsi baik. Penyuka motor sport yang senang berkegiatan touring pastinya akan memilih produk yang tak cuma tangguh dan stylish, tapi juga mampu menyelaraskan fungsi dan estetika.

Kehadiran lampu depan dan belakang LED, yang dilengkapi lampu hazard sudah dimiliki semua produk berbagai pabrikan motor.  Satu hal yang membedakan adalah kemampuan pabrikan untuk memadukan fungsi dan estetika.

Yamaha All New R15 yang dilucurkan awal tahun ini di Sentul International Circuit, Bogor, merupakan salah satu motor sport yang memadukan estetika dan fungsi. Paduan lampu LED depan, belakang, dan hazard membuat motor ini semakin terlihat agresif.

Hal ini pernah disampaikan GM After Sales Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, M.Abidin, yang menyatakan, konsumen segmen sport 150cc menginginkan performa motor terbaik dengan mempertimbangkan tampilan yang modern, agresif, dan futuristik.

Desain All New R15 yang mengadopsi DNA Yamaha R-Series memang mengedepankan unsur Super Sport.  Motor dengan rangka Deltabox dan New Design Aluminium Rear Arm ini menyajikan kendaraan yang kokoh, namun berbobot ringan.

Untuk urusan performa, All New R15 terbaik di kelasnya. Teknologi Variable Valve Actuation (VVA)-nya membuat tenaga mesin semakin besar tetapi sangat irit bahan bakar.

All New R15 dilengkapi Assist & Slipper Clutch, fitur yang biasanya hanya ada pada motor besar. Assist membuat pengoperasian kopling sangat ringan sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling, sedangkan Slipper Clutch membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat.

Seluruh tampilannya yang racy image semakin disempurnakan dengan desain kokpit yang Racy dan Luxury. Speedometer digitalnya dilengkapi Shift Timing Light yang akan memberi tanda kepada pengendara untuk berpindah percepatan dan bisa diatur sesuai keinginan pengendara.

All New R15 dihadirkan dalam tiga pilihan warna, yaitu Racing Blue, Matte Black, dan Matte Red.

Spesifikasi All New R15
Overall Length x Width x Height           : 1990 x 725 x 1135 mm
Seat Height                                                        : 815 mm
Wheelbase                                                          : 1325 mm
Wet Weight                                                         : 137 kg
Engine Type                                                  : Liquid Cooled 4-stroke, SOHC
Cylinder Arrangement                               : Single cylinder
Cylinder Volume                                   : 155.1cc
Bore x Stroke                                               : 58 x 58.7 mm
Compression Ratio                                 : 11.6 : 1
Maximum Power                                      : 14.2 kW / 10000 rpm
Maximum Torque                                    : 14.7 Nm / 8500 rpm
Starting System                                        : Electric
Fuel Tank Capacity                                 : 11 Liter
Fuel System                                            : Fuel Injection
Clutch Type                                             : Wet Type Multi-Plate Clutch
Tire Size (Front/Rear)                            : 100/80-17M/C 52P (Front) & 140/70-17M/C 66S (Rear)

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan klik http://yamaha-motor.co.id/product/all-new-r15.


loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Hmm.. Hayo pasti gara-gara kepoin mantan!
.
.
#MediaSosial #Medsos #Sosmed #FaktaFakta #faktaunik #faktawow #wowfakta #TahukahKamu #likesforlikes #suaradotcom #TahukahKamu

INFOGRAFIS