Alexa

Suzuki Luncurkan 88 Unit Jimny di Indonesia, Inden Sudah 205 Unit

Arsito Hidayatullah | Insan Akbar Krisnamusi
Peluncuran Suzuki Jimny dengan jumlah terbatas 88 unit di Indonesia, di ajang GIIAS 2017 di Serpong, Tangerang, Sabtu (12/8/2017). [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]
Peluncuran Suzuki Jimny dengan jumlah terbatas 88 unit di Indonesia, di ajang GIIAS 2017 di Serpong, Tangerang, Sabtu (12/8/2017). [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]

Pihak Suzuki mengaku segera mulai melakukan verifikasi pemesanan.

Suara.com - Pihak Suzuki, pada Sabtu (12/8/2017), meluncurkan Jimny di Indonesia dengan jumlah terbatas yaitu hanya 88 unit. Akan tetapi, jumlah pemesanan di hari peluncurannya saja sudah meluber hingga 205 unit.

Jimny mengaspal di Tanah Air melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang digelar sepanjang 10-20 Agustus di Indonesia Convention Exhibition, Serpong, Tangerang. Sport utility vehicle (SUV) legendaris Suzuki itu diluncurkan di hari ketiga pameran.

Suzuki sendiri awalnya berencana membuka pemesanan Jimny bersamaan dengan peluncurannya di GIIAS 2017. Akan tetapi, karena 'selip lidahnya' salah satu eksekutif Suzuki, kabar mengenai kehadiran 88 unit Jimny telah tersebar sejak Juli lalu, dan pemesanan ke diler pun sudah berdatangan sejak itu.

"Pemesanannya sudah 200 unit. Bahkan, hari ini (hari ketiga GIIAS 2017) ada tambahan lima unit lagi," kata Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra, dalam konferensi pers.

Oleh karena itu, Suzuki, menurut Donny, kini sedang melakukan verifikasi pemesanan. Apalagi, Suzuki sejauh ini menemukan ada pemesan-pemesan Jimny yang mengorder dua hingga lima unit.

"Kriterianya (verifikasi inden Jimny) hanya ada dua parameter. Pertama, satu orang hanya bisa beli satu. Yang kedua, masing-masing area terwakili secara merata," lanjut dia.

Lebih jauh, Donny menerangkan bahwa jika ternyata jumlah aktualnya masih lebih dari 88 unit, maka tidak semua pemesan akan bisa mendapatkannya. Ia pun mengungkapkan bahwa Suzuki saat ini masih dalam proses studi untuk menjual kembali Jimny.

Adapun distribusi 88 unit Jimny ini kepada konsumen, menurutnya bakal dilakukan pada pertengahan September.

"Kami harapkan akhir Agustus barang kami terima, lalu kami akan melakukan pengecekan terakhir, kemudian kami kirimkan ke konsumen," papar Donny.

Jimny dipersenjatai mesin bensin 1.328 cc, DOHC, 16 katup berdaya 82ps di 5.500 rpm serta torsi 110 Nm di 4.500 rpm. Mesinnya dipadukan dengan transmisi otomatis.

Eksterior Jimny generasi ketiga ini diberkahi dengan grille depan yang dibuat mirip generasi pertamanya. Lampu depannya menggunakan Multireflector Halogen. Ada pula fog lamp, under guard di depan, belakang dan samping, high mount stop lamp, wiper belakang, plus ban cadangan yang menggantung di pintu belakang.

Ban Jimny berukuran 205/70/R15 yang membuat ground clearance memiliki tinggi 190 mm. Sumbu rodanya sendiri 2.250 mm. Berbicara dimensi, Jimny memiliki panjang 3.695 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.075 mm. Sedangkan untuk mode penggerak empat roda pada Jimny dapat diaktifkan dengan tombol.

"Memindahkan penggerak dua roda ke empat roda dapat dilakukan sambil berjalan dengan kecepatan di bawah 20 km/jam. Dari mode penggerak empat roda biasa ke 4L dilakukan dalam kondisi mobil diam dan transmisi netral," kata Kepala Pengembangan Produk SIS, Yulius Purwanto.

Disebutkan pula bahwa rangka Jimny generasi termutakhir ini menggunakan 3-section ladder (body-on-frame). Sementara, suspensi depan dan belakangnya menggunakan 3-link rigid axle with coil spring.

Rem depan sudah menggunakan tipe cakram, sedangkan rem belakang masih bertipe drum. Untuk fitur-fitur keamanannya antara lain ada Dual SRS Airbag, Side Impact Beam, Immobilizer.


loading...
loading...

SEA GAMES 2017

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Semoga jadi renungan kita semua..
.
Selamat malam #suaradotcom 😇
.
.
.
.
#quoteoftheday #quotes #kutipan #katabijak #katamutiara #moviequotes #kutipanfilm #muslim #god #tuhan #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS