Alexa

Apple Berambisi Bikin iPhone Hanya dari Bahan Daur Ulang

Liberty Jemadu | Aditya Gema Pratomo
Sebuah toko produk-produk Apple di Australia (Shutterstock).
Sebuah toko produk-produk Apple di Australia (Shutterstock).

Apple sendiri belum bisa memastikan dengan cara apa ambisi itu akan diwujudkan.

Suara.com - Apple, pada Rabu (19/4/2017), mengumumkan rencana ambisius untuk tak lagi menggunakan mineral-mineral dan logam langka dari Bumi untuk memproduksi iPhone. Alih-alih, perusahaan Amerika Serikat itu akan menggunakan material-material daur ulang.

Rencana yang ditulis dalam "Laporan Tanggung Jawab Lingkungan 2017" untuk merayakan Hari Bumi yang jatuh pada Kamis (20/4/2017) adalah bagian dari ambisi Apple untuk menjadi perusahaan ramah lingkungan.

"Perubahan iklim tak lagi bisa disangkal," tulis Apple dalam laporannya, "Sumber daya alam tidak akan abadi dan teknologi harus aman bagi mereka yang membuat serta menggunakannya."

"Kami tak meragukan kenyataan-kenyataan ini, karenanya kami menantang diri kami sendiri untuk bertanya, apa yang bisa kami lakukan (bagi alam) dalam setiap bagian bisnis kami," tuli Apple lebih lanjut.

Sejak dipimpin oleh Tim Cook pada 2011, Apple memang mulai berubah menjadi perusahaan yang menebar kebaikan, tidak saja yang rakus meraup keuntungan.

Apple mulai peduli dengan kelestarian lingkungan, kesetaraan gaji bagi lelaki dan perempuan, serta hak-hak buruh.

Selain tentang alam, misi Apple ini juga penting untuk menghentikan penggunaan jasa buruh di bawah umur yang berkerja baik di tambang mineral maupun di pabrik-pabrik perakitan iPhone di Cina.

Sebagian besar material dalam komponen-komponen produk-produk Apple menggunakan mineral dan logam dari tambang di Kongo, negara rawan konflik di Afrika tempat anak-anak dipekerjakan sebagai buruh di tambang-tambang mineral gelap.

Apple telah mulai meminta para mitranya untuk mengggunakan material daur ulang, meski untuk mewujudkan ambisi barunya ini Apple sendiri belum bisa memastikan dengan cara apa ambisi itu akan diwujudkan.

"Kami melakukan sesuatu yang sebelumnya jarang kami lakukan, yakni mengumumkan sesuatu sebelum kami tahu bagaimana cara mewujudkannya," kata Lisa Jackson, Wakil Presiden Kebijakan Lingkungan Apple.

"Jadi kami sedikit gugup, tetapi kami juga yakin ini sangat penting," imbuh Jackson.

Lebih lanjut Jackson mengatakan bahwa Apple akan menggunakan logam daur ulang yang dibeli dari para pemasok khusus dan memadukannya dengan logam-logam daur ulang dari produk-produk Apple yang dikembalikan pelanggan.

Apple telah memulai dengan mendaur ulang iPhone-iPhone bekas. Pada 2016 lalu Apple melaporkan telah berhasil mendulang 1 ton emas, 3 ton perak, dan 1.300 ton tembaga dari ponsel-ponsel bekas. (CNet/Vice News)


loading...
loading...

Topik Pilihan

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Pasangan kamu lagi ngambek? Ajak belanja aja 😜 #DidYouKnow
.
.
.
.
#tahukahkamu #faktaunik #faktalucu #faktafakta #faktadunia #faktapsikologi #psikologi #shopping #belanja #retailtherapy #therapy #womanfacts #womenfacts #couple #suaradotcom

INFOGRAFIS