Alexa

Misteri Anjing-anjing Biru di India

Liberty Jemadu
Seekor anjing dengan bulu berwarna biru di Mumbai, India. [Facebook/Arat Chauhan]
Seekor anjing dengan bulu berwarna biru di Mumbai, India. [Facebook/Arat Chauhan]

Foto serta video anjing-anjing dengan bulu berwarna biru dari kepala hingga ekor itu tersebar luas di media-media sosial, media massa lokal, serta luar negeri.

Suara.com - Sejak pekan kedua Agustus warga di Mumbai, India dikejutkan oleh kemunculan sejumlah anjing berwarna biru. Setidaknya tercatat ada 11 ekor anjing berwarna biru ditemukan di Mumbai dan sekitarnya sejak 11 Agustus lalu.

Foto serta video anjing-anjing dengan bulu berwarna biru dari kepala hingga ekor itu tersebar luas di media-media sosial, media massa lokal, serta luar negeri.

Arati Chauhan, dari kelompok perlindungan binatang Navi Mumbai, termasuk salah satu yang penasaran dengan anjing-anjing unik tersebut. Ia mengunggah foto-foto anjing biru itu ke akun Facebook-nya.

Belakangan setelah diselidiki, anjing-anjing biru itu sebenarnya anjing biasa. Bulu mereka berubah biru karena terkena limbah pabrik di Sungai Kasadi di Mumbai, demikian diwartakan The Guardian.

Limbah-limbah itu, yang termasuk di dalamnya zat pewarna buatan, berasal dari kawasan industri Taloja yang tak jauh dari Sungai Kasadi, tempat anjing-anjing itu biasa berenang.

"Sangat mengejutkan melihat bulu-bulu putih anjing-anjing ini berubah menjadi biru," kata Chauhan ketika diwawancarai The Hindu Times.

"Kami sudah menemukan setidaknya lima ekor anjing seperti ini di sini dan kami sudah meminta dewan pengendali polusi untuk menindak industri-industri pembuang limbah," imbuh dia.

Menurut Chauhan limbah dari kawasan industri Taloja tak saja merusak sungai dan anjing-anjing di sana, tetapi juga telah meracuni burung, ikan, serta reptil yang hidup di sekitarnya.

Dan pada Rabu (23/4/2017), dewan pengendali polusi di Mumbai akhirnya menutup perusahaan yang terbukti membuang limbah berbahaya di sungai itu. Hasil penyelidikan dewan tersebut juga menunjukkan bahwa anjing-anjing biru itu berubah warna karena terpapar polusi air dan udara.

Sementara itu otoritas pengendalian binatang liar setempat juga telah menangkap salah satu anjing yang berubah warna menjadi biru, menelitinya, dan berhasil mencuci limbah yang menempel pada bulu-bulunya, mengembalikannya ke warna aslinya, putih.

Dari hasil penelitian diketahuui bahwa anjing-anjing itu tidak terancam bahaya serius akibat terpapar limbah dari Sungai Kasadi, yang memang mengalir di antara sekitar 977 pabrik.


loading...
loading...

Terpopuler

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Jangan pernah lupakan ibumu karena surga ada di telapak kaki ibu 😇
.
Selamat malam #suaradotcom 💕
.
.
.
#quote #quotes #mother #motherdaughter #motherquotes #kutipan #katabijak #katasukses #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS