Hanya 1,25 Menit Alibaba Raup Rp 14,6 Triliun dari Singles Day

Iwan Supriyatna | Dian Kusumo Hapsari
Hanya 1,25 Menit Alibaba Raup Rp 14,6 Triliun dari Singles Day
Tips belanja saat harbolnas (Shutterstock)

11 November 2017 dinobatkan sebagai hari belanja terbesar di muka bumi ini.

Suara.com - Pesta belanja online terbesar di dunia Single’s Day atau 11.11 telah diselenggarakan. Sejak dibuka, hanya dalam kurun waktu 1 menit 25 detik, penjualan raksasa e-commerce Alibaba dilaporkan mencapai 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 14,6 triliun.

Dihari yang sama tahun 2017, Alibaba berhasil meraup penjualan sampai dengan 25,4 miliar atau Rp 342,9 triliun dalam waktu 24 jam.

Dari besarnya transaksi yang diperoleh, maka 11 November 2017 dinobatkan sebagai hari belanja terbesar di muka bumi ini.

Dilansir dari Bloomberg, perusahaan terbesar di Cina itu melaporkan produk Xiaomi Corp, Apple Inc, dan Dyson Ltd paling banyak terjual.

"Alibaba memanfaatkan semua platform-nya untuk menjadikan penjualan sehari libur ini dilengkapi dengan makanan dan hiburan," kata Presiden Tmall Jet Jing.

Kebanyakan barang-barang yang mereka cari adalah barang-barang kebutuhan fashion seperti gaun, mantel, celana, jaket bertudung, dan sweater jadi incaran terbanyak orang-orang dari luar Cina di Singles' Day.

Catatan menarik tidak berhenti di situ saja. Angka penjualan yang fantastis terus meroket seiring pesta belanja online itu berlangsung.

Dia mengatakan, pada acara ini Alibaba Group menghubungkan belanja online dengan outlet fisik offline.

Singles' Day adalah gagasan dari Jack Ma dan Zhang, yang muncul dengan ide mengubah liburan menjadi hari belanja pada satu dekade lalu.

Pertama kali dipopulerkan oleh seorang mahasiswa, 11 November muncul sebagai penangkal sentimentalitas Hari Valentine. Tanggal 11 bulan 11 dimaksudkan untuk menyimbolkan para jomblo yang sendirian.

Sekadar informasi, ini merupakan tahun ketiga Jack Ma dan kawan-kawan membuka Singles' Day untuk masyarakat internasional. Tahun lalu, Rusia, Hong Kong, dan Amerika Serikat jadi pasar terbesar mereka.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS