Harbolnas, Alibaba Catatkan Transaksi Rp 451 Triliun Dalam Sehari

Iwan Supriyatna | Dian Kusumo Hapsari
Harbolnas, Alibaba Catatkan Transaksi Rp 451 Triliun Dalam Sehari
Ilustrasi belanja online. (Shutterstock)

Nilai total transaksi tersebut meningkat sekitar 27 persen dari 2017.

Suara.com - Alibaba Group sukses menggelar festival 11.11 Global Shopping. Festival belanja dunia terbesar itu mampu menyedot para konsumen untuk membelanjakan uangnya.

Hanya dalam kurun waktu 24 jam pelaksanaan festival belanja, Alibaba berhasil mencatatkan transaksi penjualan atau gross merchandise value (GMV) sebesar RMB 213,5 miliar atau 30,8 miliar dolar AS atau setara Rp 451 triliun.

Nilai total transaksi tersebut meningkat sekitar 27 persen dari 2017, yang sebesar RMB 168,2 miliar atau 25,3 miliar dolar AS.

Dilansir Reuters, CEO Alibaba Group Daniel Zhang mengatakan, kesuksesan ini turut didorong meningkatnya kebutuhan konsumsi warga Cina terhadap produk-produk berkualitas, khususnya yang didatangkan dari luar Cina.

Para konsumen di Cina dan di seluruh dunia, memburu barang-barang mulai dari iPhone, furnitur, hingga susu bubuk, sejak hari belanja online dimulai sejak sebelum Minggu dinihari.

Pada jam-jam pertama setelah tengah malam, Alibaba sudah mengantongi sekitar 10 miliar dolar AS dari penjualannya.

Saat ini, Singel's Day yang awalnya untuk menandingi musim belanja Hari Valentine, menjadi ajang belanja online sehari yang terbesar di dunia, mengalahkan gabungan musim belanja di AS, Black Friday (Jumat Hitam) dan Cyber Monday (Senin Siber).

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS