Kejutkan Masyarakat, Presiden China Kunjungi Restoran Kecil di Beijing

RR Ukirsari Manggalani | Achmad Fauzi
Kejutkan Masyarakat, Presiden China Kunjungi Restoran Kecil di Beijing
Presiden Cina, Xi Jinping [Shutterstock].

Berada di restoran kecil, Presiden China Xi Jinping luaskan diplomasi publik lawan kemiskinan.

Suara.com - Presiden China Xi Jinping mengejutkan penduduknya menjelang Sincia atau Tahun Baru China 2019, dengan mampir ke restoran kecil dan mengobrol dengan masyarakat di Beijing, ibu kota China.

Interaksi santai antara politisi senior dan publik seperti ini jarang terjadi di negara itu, bahkan ulang tahun para pemimpin atau latar belakang keluarga sering kali dirahasiakan.

Pada Jumat (1/2/2019), televisi pemerintah memperlihatkan Xi Jinping berjalan ke restoran di sebuah distrik di bagian selatan kota Beijing, sekaligus menanyakan berapa banyak menu yang tersedia, serta siapa pemiliknya, dan sudah berapa lama usaha itu berjalan.

Ketika pengunjung berdiri untuk mengambil gambar, Xi Jinping mengatakan kepada pengunjung agar jangan berhenti makan hanya gara-gara kedatangannya.

"Saya sebatas lewat saja," kata Xi Jinping seperti dilansir Reuters, Senin (4/1/2019).

Xi Jinping juga berkesempatan mengobrol dengan masyarakat yang berprofesi sebagai petugas pengantar barang.

"Apakah Anda tidak bisa pulang saat kita merayakan Festival Musim Semi?" tanyanya pada salah satu petugas pengiriman.

Selain itu, Xi Jinping juga mengunjungi polisi dan membuat kue bersama penduduk di lokasi lainnya.

Kejadian ini bukan berlangsung sekali saja. Karena pada 2014, Xi Jinping juga mengejutkan warga Beijing dengan mengunjungi halaman rumah mereka, serta mengobrol dengan orang yang lewat di dekat kawasan perbelanjaan. Dia mendapat pujian dari pengguna media sosial atas diplomasi publiknya yang tidak biasa. Yaitu memperkuat misi kampanyenya melawan kemiskinan.

Sementara untuk perayaan Sincia di Negeri Tirai Bambu, libur digelar satu minggu bagi warga. Mulai menjelang malam tahun baru, Senin (3/2/2019), ini yang paling penting dalam kalender China, jutaan orang melakukan perjalanan pulang. Banyak di antara mereka hanya pulang kampung satu kali ini dalam satu tahun.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS