Kemenhub Siapkan 547 Pesawat untuk Mudik Lebaran 2019 dari 12 Maskapai

Dwi Bowo Raharjo | Muslimin Trisyuliono
Kemenhub Siapkan 547 Pesawat untuk Mudik Lebaran 2019 dari 12 Maskapai
Kemenhub menyiapkan 547 pesawat angkutan mudik lebaran tahun 2019. (Suara.com/Muslimin Trisyuliono)

Pesawat yang akan beroperasi pada mudik lebaran diantarannya Airbus A330 hingga jenis Aircaft Manufacture (ATR) dari Perancis.

Suara.com - Kementerian Perhubungan akan menyiapkan 547 pesawat angkutan mudik lebaran tahun 2019. Jumlah tersebut sama dengan jumlah pada mudik tahun lalu.

Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara Nur Isnin Instiartono menuturkan, mudik tahun ini pihaknya mengedepankan tiga aspek, yaitu keselamatan, keamanan, dan pelayanan.

"Armada untuk tahun ini tetap 547 pesawat dari 12 maskapai penerbangan berbagai jenis dari 4e sampai atr," ujar Nur Isnin di Gedung Kementerian Perhubungan, Kamis (22/3/2019).

Isnin menerangkan, pesawat yang akan beroperasi pada mudik lebaran diantarannya Airbus A330 hingga jenis Aircaft Manufacture (ATR) dari Perancis.

Lebih jauh Isnin mengatakan, pihaknyajuga akan melakukan pengecekan pada pesawat yang akan digunakan dan memperbaiki prasarana dibandara jelang mudik lebaran.

Ia menerangkan, inspeksi sudah mulai dilakukan saat ini seperti melakukan tes pada seluruh pilot dan pegawai terkait dengan obat-obatan terlarang. Kemudian dari segi prasarana menjelang mudik lebaran akan dilakukan marking pada jalur lintasan.

"Untuk sarana pesawat ditingkatkan menjelang saat hari H dan setelah. Disitulah kita mengadakan inspeksi yang sifatnya random," terangnya.

Lebih jauh Isnin mengatakan, pihaknya mengimbau agar menyederhanakan rotasi pesawat serta mengontrol tarif atas dan bawah untuk tiket menjelang mudik lebaran.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS