Jadi Anak yang Berbakti, Lakukan Ini Saat Orangtua Hadapi Masalah Finansial

Arsito Hidayatullah
Jadi Anak yang Berbakti, Lakukan Ini Saat Orangtua Hadapi Masalah Finansial
Pasangan orangtua menata rumahnya. [Shutterstock]

Bagaimana pun kondisi finansial Anda, sebagai bentuk bakti kepada orangtua, sebisa mungkin berikanlah kontribusi.

Suara.com - Di tengah naiknya harga kebutuhan pokok dan kewajiban membayar tagihan-tagihan rutin, beban seseorang bisa bertambah ketika harus menopang kebutuhan orangtua secara finansial. Bila dana untuk kebutuhan sehari-hari saja kadang masih belum mencukupi, keharusan memberi bantuan finansial pada orangtua tak jarang memunculkan rentetan masalah keuangan lainnya.

Bagi yang sudah berstatus menikah, keadaan yang demikian tentu bisa menjadi pemicu pertengkaran dengan pasangan. Dampaknya, kehidupan berkeluarga Anda akan menjadi kurang harmonis dan mungkin akan membuat rumah tidak lagi menjadi tempat yang bisa membuat pikiran tenang.

Namun, bagaimana pun kondisi finansial Anda, sebagai bentuk bakti kepada orangtua, sebisa mungkin berikanlah kontribusi guna menyokong kehidupan mereka, terutama ketika sedang menghadapi masa yang sulit. Meskipun Anda saat ini belum memiliki pendapatan yang stabil atau bahkan masih pas-pasan.

Hal-hal berikut ini bisa Anda lakukan untuk membantu orangtua ketika mereka memiliki masalah finansial, seperti dikutip dari Cermati.com.

Baca Juga: 4 Karakter Anak Generasi Alpha yang Harus Dididik Orangtua dari Sekarang

1. Mencarikan Kegiatan yang Menghasilkan untuk Menambah Pemasukan

Kondisi finansial yang bermasalah dapat membuat kualitas hidup menjadi menurun. Namun, apabila berpikir lebih jauh, sebenarnya ada banyak cara agar orangtua bisa mendapatkan pemasukan rutin tanpa harus selalu bergantung pada Anda.

Apakah orangtua Anda memiliki ruangan kosong yang sudah tak terpakai di rumah? Jika iya, menyewakan ruang tersebut adalah salah satu cara untuk mendapatkan pemasukan tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra.

Menyewakan space tak terpakai tersebut tentu lebih baik daripada membiarkannya terbengkalai begitu saja, bukan? Selain itu, untuk menambah penghasilan juga dapat dilakukan melalui investasi.

Pada dasarnya, investasi merupakan bentuk lain dari menabung jangka panjang. Namun, melalui kegiatan tersebut investor bisa mendapat keuntungan dari hasil dana yang ditumbuhkan, sehingga dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan di masa depan.

Baca Juga: Mengayomi dan Penuh Perhatian, 3 Zodiak Ini Akan Jadi Orangtua Terbaik

Selain karena prosesnya yang tidak rumit dan dapat dimulai dengan menyetorkan uang dalam nominal yang tidak terlalu besar, berinvestasi bisa menjadi salah satu cara agar orangtua Anda mendapat pemasukan untuk waktu yang akan datang.

Komentar