Grab-Gojek Saling Klaim, Siapa yang Paling Unggul?

Chandra Iswinarno | Achmad Fauzi
Grab-Gojek Saling Klaim, Siapa yang Paling Unggul?
Transportasi online (Shutterstock)

Dua pelaku bisnis transportasi online yaitu Grab dan Gojek secara hampir bersamaan merilis hasil survei yang mengklaim masing-masing adalah pemimpin pasar.

Suara.com - Belum lama ini dua pelaku bisnis transportasi online yaitu Grab dan Gojek secara hampir bersamaan merilis hasil survei yang mengklaim masing-masing adalah pemimpin pasar baik di industri ojek online maupun di industri layanan pesan-antar makanan.

Adapun, Grab menggunakan hasil riset yang dirilis oleh Kantar menjadi pemimpin pasar layanan pesan-antar online di Indonesia.

Sedangkan, Gojek menggunakan hasil riset Nielsen Singapura tentang preferensi konsumen Indonesia terhadap empat layanan pesan-antar makanan berbasis aplikasi terbesar di Indonesia.

Namun, Akademisi dan Praktisi Bisnis Rhenald Kasali menganggap Gojek menjadi pemain utama dalam layanan pesan-antar online.

"Brand GoFood memang jauh lebih popular dibandingkan Grab. Dalam bisnis layanan antar-pesan makanan, Grab adalah pemain baru, karena sebelumnya dia hanya fokus di layanan transportasi online," kata Rhenald dalam keteranganya, Rabu (25/9/2019).

Dalam risetnya, Nielsen mengunggulkan posisi Gojek, terutama dalam bidang layanan pesan-antar makanan di Indonesia. Riset mengungkapkan bahwa 84 persen masyarakat yang menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan-antar makanan mengakui jika GoFood menawarkan layanan pesan-antar makanan terbaik di Indonesia.

Sementara, hasil riset Kantar yang mengklaim bahwa GrabFood memiliki pangsa pasar hampir 50 persen atau naik 15 persen dari tahun lalu, dan diprediksi akan segera menjadi platform layanan antar-pesan makanan terbesar di Indonesia pada akhir kuartal III tahun 2019.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS