Menhub Minta Sriwijaya Air Pastikan Aman Sebelum Terbang

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Menhub Minta Sriwijaya Air Pastikan Aman Sebelum Terbang
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Suara.com/Muslimin)

"Kita juga harus meminta mereka mempersiapkan dengan baik karena kalau penerbangan berkaitan dengan safety kami sudah merapat dengan mereka khususnya Dirjen udara,"

Suara.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bakal terus mengawasi operasional penerbangan maskapai Sriwijaya Air. Salah satunya terkait persyaratan dalam keamanan operasional penerbangan.

Menurutnya, meski sudah pisah dengan Garuda Indonesia, Sriwijaya Air tetap wajib memenuhi persyaratan sebelum melangsungkan penerbangan.

"Kita juga harus meminta mereka mempersiapkan dengan baik karena kalau penerbangan berkaitan dengan safety kami sudah merapat dengan mereka khususnya Dirjen udara," kata Budi Karya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Kendati demikian, Budi memastikan saat ini Sriwijaya Air masih memegang Sertifikat Operator Penerbangan atau Air Operator Certificate (AOC). Sehingga, masih bisa melakukan operasional penerbangan.

"Belum (dicabut AOC). Masih (bisa beroperasi)," pungkas dia.

Sebelumnya, Hubungan kerja sama antara Sriwijaya Air dengan Garuda Indonesia seperti orang pacaran. Setelah ditengahi Menko Luhut Binsar Pandjaitan dan kembali rujuk, tapi kini Sriwijaya Air malah memutuskan kerja sama tersebut.

Kuasa Hukum Sriwija Air Yusril Ihza Mahendra menyebut pihaknya langsung menyiapkan langkah untuk mengakhiri kerjasama manajemen dengan Garuda Indonesia Grup.

Menurut Yusril, keputusan ini diambil lantaran adanya intruksi mendadak dari Garuda Indonesia Grup kepada semua anak perusahaannya (GMF, Gapura Angkasa dan Aerowisata) untuk memberikan pelayanan kepada Sriwijaya Air dengan cara pembayaran tunai.

"Kalau tidak bayar cash dimuka diperintahkan agar tidak memberikan pelayanan service dan maintenance apapun kepada Sriwijaya," kata Yusril dalam keteranganya, Jumat (8/11/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS