Liputan Khas

KHAS adalah sajian beragam artikel dengan topik-topik menarik hasil liputan khusus/khas dari tim redaksi Suara.com.

Dari Porsea ke China, Dugaan Patgulipat di Balik Ekspor Bubur Kayu

Tim Liputan Khusus | Tim Liputan Khusus
Dari Porsea ke China, Dugaan Patgulipat di Balik Ekspor Bubur Kayu
Ilustrasi PT Toba Pulp Lestari [Suara.com/Aldie Syaf Bhuana]

Perusahaan di China mencatat bubur kayu produksi PT TPL berjenis DWP yang berharga mahal. Namun, di Indonesia justru tercatat berjenis BHKP yang bernilai murah.

Suara.com - Ada kejanggalan pada dokumen ekspor bubur kayu PT Toba Pulp Lestari ke China. Keganjilan itu memunculkan dugaan manipulasi demi menghindari beban pajak dan memindahkan keuntungan ke luar negeri.

ARLODIS Nainggolan betul-betul masih mengingat jenis bubur kayu yang diperiksanya ketika masih bekerja di PT Toba Pulp Lestari Tbk, Porsea, Sumatera Utara, adalah dissolving wood pulp.

Sebab, sebagai quality control manager, Arlodis bertanggungjawab memeriksa kualitas setiap bubur kayu sebelum diangkut untuk diekspor ke China.

Tapi kali ini, saat membaca salinan dokumen ekspor PT TPL kepada pemerintah Indonesia, pikiran Arlodis membuncah.

Air mukanya terheran-heran, karena dalam dokumen itu tertulis jenis bubur kayu PT TPL yang diekspor berjenis bleached hardwood kraft pulp alias BHKP.

“Kok bisa? Yang kami banyak buat itu jenis DWP (dissolving wood pulp),” kata Arlodis di Porsea, Sumatera Utara, Rabu 27 November 2019.

Arlodis sudah menjadi karyawan PT TPL sejak nama perusahaan itu masih PT Inti Indorayon Utama. Dia berhenti bekerja di sana pada awal 2019. Dia meyakini tak mungkin salah menilai jenis bubur kayu yang mau diekspor.

“Tapi, seingat saya, PT TPL bisa membuat kedua jenis itu, BHKP maupun DWP. Sebab mereka memunyai mesin switchmill, bisa bikin kraft (BHKP) bisa juga dissolving (DWP),” kata Arlodis.

Walau mumpuni membuat kedua jenis bubur kayu itu, Arlodis mengingat PT TPL hanya sesekali memproduksi BHKP, biasanya saat petani di India masuk musim panen raya kapuk.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS