Bakal Naikkan Tawaran, Putra Mahkota Arab Saudi Ingin Akuisisi Man United

Rauhanda Riyantama
Bakal Naikkan Tawaran, Putra Mahkota Arab Saudi Ingin Akuisisi Man United
Putra mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman. (BANDAR AL-JALOUD / AFP / SAUDI ROYAL PALACE)

Mohammad bin Salman bakal menaikkan penawarannya menjadi 3,8 miliar poundsterling atau sekitar Rp 69 triliun.

Suara.com - Putra mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman dikabarkan telah siap menaikkan penawarannya untuk mengakuisisi Manchester United dari keluarga Glazer. Menurut laporan The Sun, ia bakal menaikkan penawarannya menjadi 3,8 miliar poundsterling atau sekitar Rp 69 triliun. 

Belakangan juga para pemimpin Manchester United dilaporkan sering menghabiskan waktu untuk terbang ke Arab Saudi. Entah apa tujuan di balik meningkatnya kunjungan mereka ke negara Timur Tengah tersebut, akan tetapi Mohammad bin Salman dilaporkan ingin menjadi pemiliki klub baru Setan Merah pada musim depan.

Petinggi Manchester United, Ed Woodward (kiri) dan pemilik klub, Avram Glazer berbicara ketika laga Manchester United kontra Fulham di Stadion Craven Cottage pada 9 Februari 2019 (Ian Kington/AFP)
Petinggi Manchester United, Ed Woodward (kiri) dan pemilik klub, Avram Glazer berbicara ketika laga Manchester United kontra Fulham di Stadion Craven Cottage pada 9 Februari 2019. (Ian Kington/AFP)

Beberapa sumber di Manchester United terus menyangkal bahwa keluarga Glazers akan menjual klub, akan tetapi dengan penawaran besar itu menyebutkan bahwa keluarga Glazers akan sulit untuk menolaknya.

Keluarga Glazer sendiri membeli Manchester United 14 tahun yang lalu pada tahun 2005 seharga 790 juta poundsterliung. Tetapi seiring berjalannya waktu, mereka dikabarkan telah membebani klub dengan utang yang besar.

Dengan penawaran besar yang diajukan oleh Mohammad bin Salman, keluarga Glazer tentu akan mendapat untung yang besar pula sekitar 2,2 miliar poundsterling atau sebesar Rp 40 triliun.

Namun lebih lanjut dari laporan tersebut mengatakan bahwa penawaran besar itu juga tergantung dari hasil kerja yang diberikan oleh Ole Gunnar Solskjaer.

Jika Solskjaer mampu memberikan satu tempat di Liga Champions musim depan, Mohammad bin Salman akan setuju untuk membeli Manchester United dengan penawaran besar tersebut. Tetapi jika gagal, putra mahkota Arab Saudi yang berusia 33 tahun itu akan menurukan penawarannya.

Pemilik klub Manchesetr City, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan (Andrew Yates/AFP)
Pemilik klub Manchesetr City, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan. (Andrew Yates/AFP)

Adapun tujuan Mohammad bin Salman membeli Manchester United adalah untuk menyaingi Manchester City yang dimiliki oleh Sheikh Mansour dari keluarga kerajaan Abu Dhabi.

Keluarga Arab Saudi memang tengah melakukan investasi besar-besaran dalam dunia olahraga. Mereka sudah menjajaki ajang balap F1 dan gulat WWE. Maka tidak mungkin mereka juga akan terjun di dunia sepak bola.

Bolatimes/Andiarsa Nata

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS