Pantau Garuda Select, Fakhri Husaini Terbang ke Inggris

Rizki Nurmansyah | Adie Prasetyo Nugraha
Pantau Garuda Select, Fakhri Husaini Terbang ke Inggris
Pelatih anyar Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini. [Laman resmi PSSI]

Para pemain Garuda Select merupakan mantan penggawa Timnas Indonesia U-16 yang menjuarai Piala AFF U-16 2018.

Suara.com - Pelatih anyar Timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini berencana akan bertolak ke Inggris pada 30 April mendatang. Tujuan kepergiaan Fakhri guna memantau langsung perkembangan para pemain Garuda Select.

Sebagaimana diketahui, para pemain Garuda Select saat ini tengah berlatih di Inggris, selama enam bulan sejak Januari 2019 lalu. Tak hanya latihan, mereka juga beruji coba dengan akademi klub sepakbola di Inggris.

Para pemain Garuda Select merupakan mantan penggawa Timnas Indonesia U-16 yang menjuarai Piala AFF U-16 2018, beberapa waktu lalu. Ditambah dengan beberapa pemain berbakat dari Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2018.

"Saya dapat informasi tanggal 30 April berangkat. Intinya saya ke Inggris untuk memantau eks Timnas U-16, sekaligus melihat perkembangan mereka seperti apa, karena ini ada hubungannya dengan persiapan Timnas Indonesia U-19 nanti," ukata Fakhri saat dihubungi, Sabtu (20/4/2019).

"Saya akan persiapkan untuk Piala AFF U-18 bulan Agustus, kemudian Piala Asia U-19. Ini persyaratan usianya kan tahun 2001, jadi kami akan ambil usia yang paling tua, sementara di sana kan 2002," ia menambahkan.

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini (kiri) memeluk pesepak bola Indonesia Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi (kanan) dan David Maulana (tengah) usai pertandingan Final Piala AFF U-16 melawan Thailand di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8). Indonesia menjadi juara Piala AFF U-16 usai menang atas Thailand melalui adu pinalti dengan skor 5-4 (1-1). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Fakhri Husaini (kiri) memeluk pemain Timnas Indonesia U-16, Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi (kanan) dan David Maulana (tengah), usai memenangi final Piala AFF U-16 2018 melawan Thailand di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8). [Antara/M Risyal Hidayat]

Lebih lanjut, Fakhri menegaskan pemain Garuda Select tidak serta-merta otomatis masuk skuatnya. Pasalnya, ia juga menggelar seleksi untuk menentukan timnya nanti.

Setidaknya ada 60 pemain yang dipanggil untuk mengikuti seleksi. Jumlah tersebut termasuk dengan para pemain yang tergabung di Garuda Select.

"Tapi tentu saya melihat juga untuk melengkapi hasil seleksi pemain yang akan saya lakukan pada tanggal 23 sampai 28 April mendatang," ungkapnya.

"Maka dari itu meskipun pemain-pemain ini usianya masih 16 tahun tapi kan ada beberapa klub yang memainkan mereka dalam Liga 1 U-19. Jadi nama-nama mereka juga masuk seperti Ernando, Septian David, si kembar Bagas-Bagus, Zico, ataupun Ander di PS Tira," pungkasnya.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-19 akan mengikuti dua ajang pada tahun ini. Pertama, Piala AFF U-18 2019 di Vietnam pada 5-18 Agustus mendatang.

Pada ajang ini, skuat Garuda Nusantara tergabung di Grup A bersama Myanmar, Laos, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Setelahnya skuat asuhan Fakhri Husaini dihadapkan pada kualifikasi Piala Asia U-19 pada bulan Oktober 2019.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS