Lothar Matthaus Sapa Para Penggemar Liga Jerman di Jakarta

Reky Kalumata
Lothar Matthaus Sapa Para Penggemar Liga Jerman di Jakarta
Legenda sepak bola Jerman Lothar Matthaus memegang tropi Liga Jerman dalam kunjungannya ke Indonesia di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Kamis (14/11/2019). (ANTARA/Asep Firmansyah)

"Bagi saya Bundesliga adalah liga terbaik di dunia," kata Matthaus

Suara.com - Legenda sepak bola Jerman, Lothar Matthaus menyapa para penggemar sepak bola Liga Jerman di Jakarta untuk berbagi cerita mengenai Bundesliga kepada masyarakat di Tanah Air.

Lothar Matthaus merupakan mantan kapten tim nasional Jerman dan ikut berpartisipasi dalam lima piala dunia yakni pada tahun 1982, 1986, 1990, 1994, dan 1998.

Ia juga sukses bersama Bayern Munchen dengan menyumbang tujuh trofi. Sebagai pemain ia menjadi Pemain terbaik Jerman pada 1990 dan 1999 serta menjadi pemain pertama yang menerima penghargaan pemain terbaik dunia versi FIFA yang baru pertama kali diberikan pada 1990.

Legenda sepak bola Jerman dan Bayern Munchen Lothar Matthaus memegang tropi Liga Jerman dalam lawatannya ke Indonesia pada Kamis (14/11/2019) hingga Sabtu (16/11/2019) dalam rangka mendekatkan diri Bundesliga ke masyarakat Indonesia. (Asep Firmansyah)
Legenda sepak bola Jerman dan Bayern Munchen Lothar Matthaus memegang tropi Liga Jerman dalam lawatannya ke Indonesia pada Kamis (14/11/2019) hingga Sabtu (16/11/2019) dalam rangka mendekatkan diri Bundesliga ke masyarakat Indonesia. (Asep Firmansyah)

Kepada media, Matthaus mengatakan bahwa Bundesliga merupakan salah satu liga terbaik di dunia. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya pemain yang berasal dari luar Jerman masuk ke berbagai akademi klub.

"Bagi saya Bundesliga adalah liga terbaik di dunia dan saya menantikan untuk membagikan pengalaman tentang sepak bola Jerman kepada para penggemar di Indonesia," ujar Matthaus di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Kamis.

Bundesliga juga telah menyedot perhatian pemain-pemain asal Asia maupun Afrika sebagai batu loncatan menuju sepak bola Eropa khususnya ke Inggris, Italia, hingga Spanyol.

Sebut saja pemain Liverpool Naby Keita yang sebelumnya menapaki karir melesat di klub RB Leipzig. Shinji Kagawa yang bersinar di Borussia Dortmund dan hijrah ke Manchester United sebelum akhirnya kembali ke Liga Jerman.

Lalu ada nama Son Heung Min yang memulai karir di Eropa bersama Hamburger SV kemudian melesat di Bayern Leverkusen dan kini menjadi pemain kunci Tottenham Hotspurs.

"Sekarang sudah banyak masuk ke akademi di usia belia, sekarang semua orang di seluruh dunia datang ke Jerman dan mengejar untuk menjadi yang terbaik, menjadi bintang di Eropa ini sangat bagus," kata dia.

Tak hanya itu, kata dia, musim ini terbilang sangat kompetitif. Jika sebelumnya Bayern Munchen dan Borussia Dortmund menjadi tim yang tak tersaingi, namun kini posisi puncak klasemen justru dihuni Borussia Monchengladbach.

"Bayern (Munchen) kini berada di bawah Monchengladbach ini menandakan bahwa persaingan di Bundesliga kompetitif," ujarnya seperti dimuat Antara .

Rencananya, Matthaus akan berada di Indonesia hingga 16 November. Ia akan memeriahkan acara Festival Fan Bundesliga di Plaza Timur Gelora Bung Karno, Sabtu (16/11/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS