Atasi Slovakia 3-1, Kroasia Susul Belanda dan Jerman Lolos Piala Eropa 2020

Bangun Santoso
Atasi Slovakia 3-1, Kroasia Susul Belanda dan Jerman Lolos Piala Eropa 2020
Striker Kroasia Bruno Petkovic sukses mencetak gol saat menghadapi Slovakia di grup E Kualifikasi Piala Eropa 2020, Minggu (17/11/2019) dini hari WIB. (Foto: AFP)

Dengan kemenangan ini, Kroasia sukses memuncaki grup E kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan raihan 17 poin

Suara.com - Kroasia sukses mengamankan satu tiket ke putaran final Euro atau Piala Eropa 2020 usai menang 3-1 saat menjamu Slovakia di Stadion HNK Rijeka, Minggu (17/11/2019) dini hari WIB.

Ketiga gol Kroasia dicetak oleh Nicola Vlasic di menit ke-56, Bruno Petkovic menit 60 dan sebiji gol dari Ivan Perisic di menit 74'. Sementara satu gol Slovakia dicetak di babak pertama menit 32 oleh R Bozenik.

Dengan kemenangan ini, Kroasia sukses memuncaki klasemen grup E dengan raihan 17 poin. Mereka unggul 5 poin dari Hungaria yang ada di posisi kedua dengan 12 poin. Sementara tiga terbawah diisi Wales diperingkat ketiga dengan 11 poin dan Slovakia di peringkat keempat dengan 10 poin, lalu Azerbaijan di dasar klasemen hanya dengan 1 poin.

Jalannya pertandingan

Butuh kemenangan untuk memastikan diri lolos Piala Eropa 2020, Ivan Perisic cs langsung menggebrak di babak pertama. Mereka mengurung pertahanan Slovakia. Namun ketatnya pertahanan tim tamu yang dikomandoi bek asal klub Inter Milan, yakni Milan Skriniar sukses menahan gempuran.

Berkali-kali serangan disusun anak-anak Kroasia yang dikomandoi dua gelandang jempolan Luka Modric dan Mateo Brozovic berakhir buntu.

Di tengah gencarnya serangan tuan rumah, Slovakia justru sukses memanfaatkan celah dengan mencetak gol di menit ke-32 lewat striker mereka Robert Bozenik. Keunggulan 0-1 untuk tim tamu menutup jalannya laga babak pertama.

Selepas turun minum, Kroasia tak mengendurkan serangannya. Tertinggal satu gol justru membuat tuan rumah makin bersemangat mengurung pertahanan lawan.

Gol yang ditunggu-tunggu publik tuan rumah akhirnya datang juga. Adalah gelandang serang Nikola Vlasic sukses menyarangkan bola di menit 56.

Gol penyeimbang semakin membuat tuan rumah mengurung pertahanan Slovakia. Hanya berselang empat menit kemudian, skor berubah menjadi 2-1 usai Bruno Perkovic mencetak gol di menit 60.

Petaka bagi Slovakia, penyerang sayap mereka harus diusir dari lapangan usai menerima kartu merah di menit 66. Keunggulan pemain langsung dimanfaatkan Kroasia.

Laga ditutup dengan gol Ivan Perisic di menit 74. Skor 3-1 menutup jalannya pertandingan antara Kroasia vs Slovakia.

Susunan pemain

Kroasia (4-2-3-1): 1.Dominik Livakovi, 6.Duje aleta-Car, 5. Dino Peri, 16. Tin Jedvaj, 3.Borna Bariši, 10. Luka Modric, 11.Marcelo Brozovi, 18. Ante Rebi, 15. Nikola Vlaši, 4 Ivan Perisic, 20. Petkovic.

Pelatih: Zlatko Dali

Slovakia (4-3-3): 1. Martin Dúbravka, 14. Milan Škriniar, 2. Denis Vavro, 16. Dávid Hancko, 2. Peter Pekarík, 22. Stanislav Lobotka, Marek Hamsik, 10. Albert Rusnák, 9. Róbert Boeník, 20. Róbert Mak.

Pelatih: Pavel Hapal

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS