Ketika Konser Slank Hanya Ditonton 10 Orang

Ferry Noviandi
Ketika Konser Slank Hanya Ditonton 10 Orang
Grup band Slank (Suara.com)

Meski konsernya hanya ditonton 10 orang, para personel Slank tak malu, marah apalagi sakit hati.

Suara.com - Di Indonesia, Slank merupakan sebuah band besar dan memiliki jutaan penggemar. Hampir setiap menggelar konser, Kaka cs selalu dipadati penonton.

Tapi rupanya, Slank juga punya pengalaman menggelar konser sepi penonton. Malah, penonton yang datang bisa dihitung dengan jari, 10 orang penonton!

Kejadian itu terjadi ketika Slank menggelar konser internasionalnya di Amerika Serikat, pada 2008 lalu.

Slank (Sumarni/Suara.com)
Slank (Sumarni/Suara.com)

"Kami di Amerika Serikat syukur-syukur ada yang nonton 10 orang, bahkan ada beberapa tempat kita main yang benar-benar 10 orang aja. Dan orang itu benar-benar tak tahu kami ini siapa," kata Kaka Slank, saat acara temu penggemar di Pekanbaru, Rabu (14/11/2018), seperti dikutip dari Antara.

Selain menggelar konser internasional di Amerika Serikat, Slank juga saat itu mencari seorang produser, untuk menggarap album internasionalnya. Mereka pun mendapatkan seorang produser benma Saraceno dari Los Angeles. Saraceno merupakan guru gitar Ridho Slank, saat sang gitaris belajar gitar sebelum terkenal menjadi gitaris Slank.

"2007 sebulan rekaman di LA, prosesnya seru. Biasa berpuluh tahun produser sendiri, Slank sebagai produser, kini kami balik lagi jadi yang diproduseri orang. Ini bule, dikasih target, seminggu rekaman, seminggu overdub," ungkapnya.

Setelah itu satu bulan mixing master dan tahun 2018 rilis dan kemudian tur 15 kota di Amerika Serikat. Pada saat itulah Slank yang biasanya manggung puluhan ribu orang, kini ditonton ada yang 10 orang.

"Itu kami bangunnya dari bawah banget. Kami perkenalkan diri kami Slank, band Rock and Roll dari Indonesia. Kami perkenalkan Indonesia, 'You Know Bali ? Kadang orang Amerika tak tahu Indonesia tapi Bali tahu. Kita berjuang perkenalkan diri lagi, kayak dari nol lagi," tutur Kaka Slank.

Grup band Slank menggelar konser dukungan terhadap KPK di halaman Gedung KPK, Jakarta, Kamis (13/7).
Grup band Slank menggelar konser dukungan terhadap KPK di halaman Gedung KPK, Jakarta. (Suara.com)

Meski konser sepi penonton, namun hal tersebut tak membuat Slank sedih apalagi marah. Malah, Slank menilai hal tersebut dibutuhkan agar mereka tidak terlena dan merasakan keluar dari zonan nyaman.

"Sebuah kelompok harus mencoba hal itu dalam jangka waktu tertentu, paling kurang lima tahun sekali," ujar Kaka Slank.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS