alexametrics
Liputan Khas

KHAS adalah sajian beragam artikel dengan topik-topik menarik hasil liputan khusus/khas dari tim redaksi Suara.com.

Taaruf Artis, Ikhtiar Jadi Lebih Agamis

Yazir Farouk
Taaruf Artis, Ikhtiar Jadi Lebih Agamis

"Karena kita melibatkan Allah dan restu dari orangtua," katanya.

Suara.com - Mengenakan gaun panjang berwarna putih, Vebby Palwinta pelan-pelan jalan menuju sebuah ruangan. Di dalam ruangan tersebut sudah ada seorang lelaki duduk didampingi beberapa orang.

Si lelaki memakai gamis panjang dengan penutup kepala khas Timur Tengah. Dia adalah Razi Bawazier yang baru saja resmi menjadi suami Vebby.

Vebby menghampiri Razi dan mencium tangan suaminya itu. Sementara Razi dengan tangan kirinya memegang kepala Vebby sambil bermunajat.

Senyum bahagia mereka baru tampak tatkala keduanya melepas masker. Vebby dan Razi kemudian pamer cincin dan buku nikah sebagai ritual wajib bagi pasangan pengantin baru. Sementara para juru foto berebut mengabadikan momen itu.

Baca Juga: Liputan Khusus Artis: Mereka Hadapi Corona di Negeri Orang

Vebby Palwinta dan Razi Bawazier [Instagram/@vebbypalwinta]
Vebby Palwinta dan Razi Bawazier [Instagram/@vebbypalwinta]

Peristiwa sakral tersebut tergambar jelas dalam vlog di kanal YouTube VebbyRaziStory - OFFICIAL.

Sabtu, 18 April 2020 menjadi hari paling bahagia buat Vebby dan Razi. Meskipun, pernikahan mereka digelar secara sederhana di Kantor Urusan Agama (KUA) Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ya, ketika itu masih ada aturan untuk melakukan akad nikah di KUA sebagai pencegahan penyebaran Covid-19.

Peresmian jalinan cinta mereka itu sekaligus menandai berakhirnya proses taaruf yang dijalani. Vebby dan Razi memang tak berpacaran seperti yang dilakukan anak-anak muda pada umumnya.

Taaruf dianjurkan dalam agama Islam. Tujuannya untuk menghindari zina sebelum disatukan dalam ikatan suci pernikahan.

Vebby sendiri tak mau disebut jalani salah satu syarat Islam itu. Dia merasa sebutan taaruf terlalu berat untuknya.

Baca Juga: Liputan Khusus: Relakah YouTuber Diusik?

Tapi apapun itu istilahnya, Vebby dan Razi benar-benar menghindari untuk berkhalwat atau berduaan sebelum menikah. Mereka selalu membawa orang ketiga saat hendak bertemu.

"Jadi ada batasannya," kata Vebby di Jakarta baru-baru ini.

Bagi Vebby, proses yang dilewati bersama Razi itu adalah bagian dari usahanya menjadi lebih agamis. Memang, belakangan bintang film Cahaya Cinta Pesantren itu kerap ikuti kajian Islam setelah sebelumnya memutuskan hijrah dan berhijab.

Saat resmi berumah tangga, Vebby dan Razi memanfaatkan untuk mengenal satu sama lain lebih dalam lagi.

"Paling lebih banyak ngeluangin waktu bareng," ujar Vebby.

Namun Vebby merasa tak ada kesulitan menjalani rumah tangga meski mereka duku tak berpacaran. Paling penting kata dia adalah komunikasi bila memang ada perbedaan pandangan.

"Nggak susah tapi pasti masih linglung awalnya. Alhamduilah kita suka diskusi menemukan solusi sampai akhirnya jadi biasa," katanya.

Pedangdut Rizki D'Academy alias Rizki DA juga menikah lewat proses taaruf. Dia resmi mempersunting perempuan bernama Nadya Mustika Rahayu pada 17 Juli 2020.

Keputusannya memilih taaruf bukan tanpa alasan. Dia mau jalani syariat Islam.

"Karena kita melibatkan Allah dan restu dari orangtua,," kata Rizki.

Rizki menceritakan proses taaruf yang dijalani bersama Nadya. Pertama kali bertemu, keduanya didampingi orang terdekat mereka.

Dia masih ingat betul kala itu cuma melihat wajah dan telapak tangan Nadya.

"Sebenarnya bukan nggak boleh tatap muka ya. Jadi memang dianjurkan untuk melihat muka dan telapak tangan karena itu yang paling sering terlihat jadi kita harus melihat muka dan telapak tanganya," ujarnya.

Dari pertemuan itu, Rizki langsung memantapkan diri untuk menikahi Nadya. Tahapan selanjutnya, Rizki melakukan khitbah atau lamaran.

Rizki D'Academy dan istri, Nadya Mustika Rahayu [Instagram]
Rizki D'Academy dan istri, Nadya Mustika Rahayu [Instagram]

"Kalau memang sudah klik ya sudah langsung saja gitu untuk proses lamaran," ucapnya.

"Tapi perlu diketahui juga ya itu juga kita nggak mudah juga ya. Proses taaruf ini harus bener-bener juga melibatkan hati tapi melibatkan restu orang tua dan restu Allah dalam sepertiga malam," katanya lagi.

Total, Rizki dan Nadya cuma butuh waktu sebulan dari perkenalan hingga menuju pernikahan. Setelah menikah, proses pengenalan lebih dalam dilakukan sambil berjalan.

Komentar