facebook

7 Grup Kpop yang Tak Punya Leader, Tetap Kompak!

Farah Nabilla
7 Grup Kpop yang Tak Punya Leader, Tetap Kompak!
Grup Kpop yang tak punya leader - Blackpink (Soompi)

Meski tak punya leader, grup Kpop berikut tetap mampu menunjukkan potensi mereka.

Suara.com - Di balik formasi sebuah girl group atau boygroup, selalu ada peran sendiri bagi tiap-tiap membernya, termasuk leader. Tapi siapa sangka bila beberapa grup Kpop justru memutuskan untuk tidak memiliki leader. Siapa saja grup Kopo yang tak punya leader tersebut?

Peran leader sejatinya bisa untuk memusatkan kembali fokus grup, Tapi ada alasan lain mengapa beberapa grup berikut memutuskan untuk tidak memiliki leader. Merka ingin setiap member memiliki posisi yang setara dan bisa menunjukkan potensi masing-masing.

Penasaran siapa saja grup K-Pop yang tak punya leader? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini.

1. BLACKPINK

Baca Juga: Lagu Lisa "LALISA" Jadi MV Tercepat Solois Wanita K-Pop yang Capai 400 Juta Views

Blackpink (YGEntertaiment)
Blackpink (YGEntertaiment)

Blackpink adalah salah satu girl grup tersukses Korea Selatan. Kepopuleran Blackpink tidak hanya di negara asal mereka, tetapi juga sampai ke seluruh dunia. Grup beranggotakan empat orang ini debut tanpa leader. Walau tidak ada yang menempati posisi leader secara resmi, namun semua member punya magnet tersendiri. Ya, keempat member Blackpink Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rose punya sisi dominannya masing-masing.

Alasan kenapa Blackpink tak punya leader adalah karena semua anggota dilatih bersama. Mereka adalah teman yang sama-sama bekerja keras untuk grup jadi seharusnya hubungan mereka sudah selayaknya seperti sekarang. Tanpa satu sosok saja yang menonjol sebagai leader, tetapi semua member bisa punya posisi setara.

2. Miss A

Miss A (Instagram.com)
Miss A (Instagram.com)

Girl Grup di bawah naungan JYP Entertainment ini menjadi grup K-Pop pertama yang tidak punya leader. Beranggotakan empat orang yaitu Bae Suzy, Jia, Fai, dan Min, Miss A debut di tahun 2010 dan langsung jadi idola baru. Grup ini tidak memiliki leader resmi karena semua anggota dekat satu sama lain. Walau popularitas salah satu membernya yaitu Suzy, dinilai lebih populer dari pada Miss A sendiri.

Tapi grup ini berhasil mendapat dukungan dari penggemar setia mereka. Akhirnya pada 27 Desember 2017 Miss A resmi dibubarkan setelah dua anggota mereka memutuskan hengkang karena kontraknya habis. Bubarnya Miss A bukan karena tidak ada leader melainkan karena member memutuskan keluar dan tak memperpanjang kontrak serta memilih bersolo karier.

Baca Juga: 6 Daftar Idol K-Pop Wanita Asing Paling Populer Menurut Survei Forbes Korea

3. iKON

Komentar