Studi: Konsumsi Minyak Ikan Saat Hamil Buat Pertumbuhan Anak Lebih Baik

Vika Widiastuti | Yuliana Sere
Studi: Konsumsi Minyak Ikan Saat Hamil Buat Pertumbuhan Anak Lebih Baik
Ilustrasi ibu hamil. (Shutterstock)

Wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat, zat besi, kalsium, vitamin A dan B12.

Suara.com - Sebuah studi menyebutkan, wanita hamil yang mengonsumsi suplemen minyak ikan bisa meningkatkan pertumbuhan bayi hingga ia usia 6 tahun. 

Mengonsumsi suplemen asam lemak tak jenuh seperti minyak ikan, dikaitkan dengan anak-anak yang memiliki massa lemak dan massa tulang yang lebih tinggi pada usia enam tahun dalam penelitian ini, yang diterbitkan dalam jurnal The BMJ.

Hans Bisgaard, Profesor Pediatrics di Unviersity Copenhagen dan penulis penelitian ini, mengatakan, "Studi ini membuktikan kesehatan dan penyakit tidak hanya ditentukan oleh paparan genetika dan pasca-kelahiran," dikutip HiMedik dari newsweek.

Para peneliti di University of Copenhagen dan University of Bristol merekrut 736 wanita. Para wanita mengonsumsi suplemen dari minggu ke-24 kehamilan mereka sampai seminggu setelah mereka melahirkan.

Untuk menentukan apakah mengonsumsi minyak ikan selama kehamilan memengaruhi pertumbuhan anak, para peneliti mengukur tinggi, berat, dan pinggang anak-anak peserta sebanyak 11 kali sejak lahir hingga usia enam tahun.

Tim menemukan bahwa anak-anak dari ibu yang mengonsumsi minyak ikan memiliki BMI rata-rata lebih tinggi antara usia satu dan enam tahun. Tetapi mereka tidak memiliki persentase lemak tubuh yang lebih tinggi daripada rata-rata.

Massa, tulang dan lemak semuanya tumbuh proporsional, menunjukkan bahwa minyak ikan merangsang pertumbuhan secara keseluruhan.

Ilustrasi hamil. (Pixabay/Skitterphoto)
Ilustrasi hamil. (Pixabay/Skitterphoto)

Secara khusus, anak-anak dalam kelompok minyak ikan memiliki massa rata-rata 395g lebih tinggi, massa tanpa lemak 280,7g, massa lemak 116,3g, dan kandungan mineral tulang 10,3g lebih tinggi daripada anak-anak yang ibunya mengonsumsi minyak zaitun.

Kandungan mineral tulang yang lebih tinggi menyiratkan minyak ikan dapat membuat tulang anak lebih sehat dan lebih rentan terhadap kerapuhan di kemudian hari, kata para penulis.

Saat ini, Departemen Kesehatan AS tidak secara resmi merekomendasikan wanita hamil untuk mengonsumsi tablet minyak ikan. Namun wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat, zat besi, kalsium, vitamin A dan B12.

Untuk membantu ibu hamil dan janin agar tetap sehat selama kehamilan, kelompok ini merekomendasikan wanita makan banyak makanan yang dikemas dengan nutrisi.

Ini termasuk buah dan sayuran untuk menjaga agar vitamin dan mineral tetap diisi, dan biji-bijian seperti oatmeal dan roti gandum untuk serat dan vitamin B.

Departemen Kesehatan juga memperingatkan bahwa wanita hamil dapat 'makan untuk dua orang,' dan mengonsumsi dua kali lipat jumlah kalori.

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS